Rabu, 15 Mei 2013

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Sarjana (S1) UGM 2013

 

Jalur Seleksi Masuk UGM

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pemerintah membiayai biaya pendaftaran pola penerimaan ini.

  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    SBMPTN merupakan pola penerimaan yang didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional. Biaya pendaftaran dibebankan pada pendaftar.
     
  3. Seleksi Mandiri
    Pola Penerimaan ini terdiri atas :
    1. Penelusuran Bibit Unggul
      1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa tidak mampu secara ekonomi yang memiliki prestasi akademik unggul.
      2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat internasional maupun pemenang tingkat nasional.
      3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis kejuaraan di bidang olahraga atau seni tingkat internasional maupun pemenang di tingkat provinsi atau nasional
      4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik unggul yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel. Pola ini juga ditujukan untuk daerah T3 (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
    2. Ujian Tertulis
      Pola penerimaan ini didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh UGM.

Persyaratan Peserta

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SNMPTN.
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SBMPTN.
  3. Seleksi Mandiri
    Pola Penerimaan ini terdiri atas :
    1. Penelusuran Bibit Unggul
      Persyaratan Umum :
      1. Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2013/2014, atau lulusan SMA luar negeri tahun 2012/2013.
      2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 5.
      3. Peserta termasuk 40%  terbaik di kelasnya pada semester 1-6, atau 75% terbaik pada semester 1-5 bagi siswa kelas akselerasi.
      4. Peserta PBUTM, PBUB, PBOS, dan PBUK diusulkan oleh sekolah. Peserta PBUK diusulkan oleh pihak penyandang dana.
      5. Memenuhi persyaratan kesehatan dan fisik tertentu tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
    2. Persyaratan Khusus :
      1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
        Peserta berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi yang didukung dengan data:
        1. Fotokopi Kartu Keluarga (C1) yang disahkan oleh RT, RW, dan Kelurahan,
        2. Keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Camat bagi non karyawan atau oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi.
      2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
        1. Peserta merupakan pemenang lomba bidang studi tingkat nasional (termasuk lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM, khusus untuk masuk ke fakultas yang bersangkutan),
        2. Peserta merupakan pemenang atau finalis lomba bidang studi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh LIPI, DIKNAS, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO.
      3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
        1. Peserta adalah juara I KEJURDA atau PORDA tingkat Provinsi;
        2. Peserta adalah juara I POPSINAS;
        3. Peserta adalah juara I-III KEJURNAS/PON
        4. Peserta adalah juara I-V kejuaraan internasional
        5. Peserta adalah juara I-III kesenian tingkat nasional.
      4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
        Peserta diusulkan oleh mitra yang telah melakukan MoU dengan UGM, dibuktikan dengan melampirkan naskah MoU dan pernyataan kesanggupan menanggung biaya pendidikan sampai dengan selesai.
    3. Ujian Tertulis
      1. Lulusan SMA/SMK/MA dalam dan/atau luar negeri tahun 2013, 2012 dan 2011, serta lulusan ujian persamaan atau yang setara lainya tahun 2013 dan 2012.
      2. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    Prosedur pendaftaran melalui laman http://snmptn.ac.id/.
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Prosedur pendaftaran melalui laman http://sbmptn.or.id/.
  3. Seleksi Mandiri
    Prosedur pendaftaran ditentukan kemudian.
*) Begitu yang tertulis di halaman um3.ugm.ac.id


Diposkan kembali oleh,           


58 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum.. Mau tanya tentang ujian tertulis UGM kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujian tertulis maksudnya untuk yang jalur SBMPTN atau yang seleksi mandiri? dan yang dimaksud kapan itu apakah kapan pelaksanaan tesnya atau kapan pendaftarannya? tolong diperjelas lagi pertanyaannya, supaya kita jawabnya juga bisa fokus ke apa yang ditanyakan saja. demikian.

      Hapus
    2. muhammad agung prakarsa15 Mei 2013 20.26

      mau tanya mas kapan dilaksanakan nya seleksi mandiri
      , jadwal pelaksanaan nya dan pendaftan nya ???
      terima kasih :)

      Hapus
  3. mau tanya,, untuk biaya kuliah di UGM ajaran 2013/2014 bagaimana ya? khususnya untuk ilmu komputernya,, terimakasih sebelumnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai tahun 2013, UGM akan memberlakukan uang kuliah tunggal untuk jenjang sarjana (S1), jadi tidak ada SPMA seperti tahun sebelumnya, dengan catatan uang kuliah per semester akan dinaikkan sedikit lebih mahal, dan masih ditambah biaya operasional yang bergantung pada banyaknya kredit SKS yang diambil pada semester bersangkutan. detail mengenai berapa tepatnya yang harus dibayarkan, akan ditentukan kemudian. sejauh ini belum ada informasi mengenai sistem uang kuliah, demikian semoga membantu.

      Hapus
    2. ILMU KOMPUTER S1
      Biaya Kuliah Tunggal (BKT) : 6,093,000
      Uang Kuliah Tunggal = BKT - Subsidi
      jadi,
      Gol 1 = 500,000
      Gol 2 = 1,000,000
      Gol 3 = 5,700,000
      Gol 4 = 6,400,000
      Gol 5 = 7,100,000

      yg mau saya tanyakan, knpa pada golongan 4 dan golongan 5 UKT nya lebih besar dari BKT yaa???

      Hapus
  4. fakultas ilmu sosial (administrasi negara) pendaftarannya kapan? & ujiannya tgl brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaran sama seleksinya mengikuti jalur masuk yang kamu pilih, tinggal kamu masuknya lewat jalur apa, sudah ada postnya kan di atas, demikian :)

      Hapus
  5. ujian tertulis dalam jalur seleksi mandiri kapan ya min ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ya, menyusul informasinya, lagian itu masih lama kan? seperti kita tahu kalo seleksi UM akan dilaksanakan paling akhir yaitu setelah pengumuman SBMPTN, ngomong2 kenapa kamu gak coba masuk lewat SBMPTN dulu aja? :)

      Hapus
  6. sy mau tanya untuk tanggal tes mandirinya pelaksanaan dan pendaftarannya kapan dilaksanakan?

    BalasHapus
  7. maaf mau tanya saya lulusan sma tahun 2010 dan ingin melanjutkan kejenjang s1 farmasi dan saya jga sudah lulus dr d3 farmasi apa bisa ikut um ugm karena syarat diatas sangat tidak memungkinkan untuk mendaftar tetima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. maaf mau tanya, ujian seleksi mandiri hanya untuk program d3 atau ada yang program s1? terimakasih sebelumnya ;)

    BalasHapus
  9. maaf mau tanya, ujian seleksi mandiri hanya untuk program d3 atau ada yang program s1? terimakasih sebelumnya ;)

    BalasHapus
  10. maaf kita tidak menjawab penanya anonim :)

    BalasHapus
  11. Assalamu alaikum.... min mau tanya

    BalasHapus
  12. Saya lulusan thn 2010, apakah masih bisa ikut Ujian Masuk UGM? Terima Kasih.

    BalasHapus
  13. maaf, mau nany, perbedaan utul 1 dan utul 2 t apax (slain prbedaan wktu plaksanaanx) ?
    apakah utul 2 d.pruntukkan untuk program sarjana juga ?

    BalasHapus
  14. saya lulusan thn 2012 , apakah masih bisa masuk jalur PBUTM UGM ?

    BalasHapus
  15. mau tnya,kpn pndftaran PBUTM S1 UGM?

    BalasHapus
  16. Min jadi yang ikut sbmptn 2013 ga perlu lagi mengisi form kesediaan membayar spma kan?

    BalasHapus
  17. mau tanya cara pendaftaran ujian mandiri dan tesnya dilakukan kapan ya ?

    BalasHapus
  18. Kalo PBUTM kan 1-6 masuk 40% terbaik syaratnya, trus kalo ada satu saja semester yang tidak memenuhi bagaimana? apakah tidak bisa?

    BalasHapus
  19. apakah benar tentang PBUTM hanya diperuntukkan untuk siswa yang berasal dari jogjakarta dan jawa tengah??

    BalasHapus
  20. min apakah beda biaya pendidikan lulusan dari snmptn,sbmptn dan um ugm....?

    BalasHapus
  21. maaf cuman mau nanya sebelum terlambat...
    Fakultas apa aja yang bisa menerima lulusan ips..
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. kak mau nanya pendaftaran PBUK ugm terakhir kapan ya ?? soalnya aku liat disitus um.ugm terakhir sampai 31 mei 2013 apa bener kak ?? terus apakah seleksi mandiri ugm itu tersedia untuk semua jurusan ??? makasih kak tolong dibales ,, sori banyak nanya soalnya minat banget masuk ugm ...

    BalasHapus
  23. hallo kak, mw nanya ..apa ada tes lagi bwt siswa yang udah lulus SNMPTN??

    BalasHapus
  24. Dear Admin,

    Mau nanya, untuk pendaftaran program S1 ekstensi fakultas teknik di UGM dimulai kapan ya?

    Thanks & Regards,
    Hery

    BalasHapus
  25. mau nanya,kalo pendaftaran utul um ugm msaih bisa ya?

    BalasHapus
  26. Aass, ka seleksi mandiri utk ujian tulisnya kapan start pendaftranny, apa web utk pendaftarannya dan kapan ujiannya dilaksanakan...
    trimakasih...

    BalasHapus
  27. Assalam..

    Ka admin, berkas PBUTM dikumpulinya pake map waena apa
    ??

    terimakasih

    BalasHapus
  28. assalam..
    min, mau tanya kalo um jalur tulis apa bener pake ukt 5?

    BalasHapus
  29. permisi min..
    mau tanya, untuk mandiri UGM, Teknik Kimia yang diterima berapa ya?
    sekaligus biaya pendidikannya. trims

    BalasHapus
  30. Selamat Sore.
    saya ingin bertanya tentang biaya pendidikan "ujian tulis" Teknologi Informasi ugm. mohon bantuannya. terima kasih.

    BalasHapus
  31. Min nau tanya,. untuk biaya awal kuliah di UGM dari jalur mandiri jurusan teknik berapa ?

    BalasHapus
  32. Pengumuman lolos berkas PBOS UGM di liat dmana y ??

    BalasHapus
  33. Halo, selamat siang. Mau tanya, apakah peserta yang akan test TPA PBUTM nanti masih akan diseleksi lagi oleh panitia? Terimakasih.

    BalasHapus
  34. Min, katanya kalo lolos UM langsung masuk ke ukt gol 5 itu bener nggak? Apa ukt nya tergantung penghasilan orang tua?

    BalasHapus
  35. min, kalau PBUTM S1 kira2 kuatanya berapa ya? makasih

    BalasHapus
  36. Min Jadwal UM UGM dong...

    BalasHapus
  37. min, mau tanya dong, biaya kuliah di UGM kalo diterima lewat jalur PBUK atau UM itu memakai ukt juga atau ada biaya tersendiri ya? terimakasih.

    BalasHapus
  38. Mikum. ΐτΰ pendaftaran gelombang 3 cuman sampe D3/S1......? Tolong kasih infonya. Terimakasih

    BalasHapus
  39. assalamualaikumm,, mau tanya kalo buat transfer d3 ke s1 teknik elektro bisa d ugm ??
    trimss

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum,
    Maaf saya mau nanya,kalau pendaftaran untuk fakultas psikologi itu bagaimana ka?
    Dan apakah pesaingnya banyak?
    Kalau jurusan IPS bisa gak masuk situ?
    Mohon dijawab ya kaa :)
    Terima kasih..

    BalasHapus
  41. mau tanya kalu lulusan sma tahun 2008, mau melanjutkan kuliah s1 manajemen masih bisa gak ya?
    makasih

    BalasHapus
  42. assalamualaikum... mw tanya kalau mw dari D3 mw melanjutkan S1 apa bisa/ ada kelas khusus? kalau bisa pendaftarannya jalur apa?

    BalasHapus
  43. ass mas mbak... mau tanya kapan ya seleksi mandiri mahasiswa thn akademik 2014/2015 dimulai ? cara daftarnya bagaimana ? tolong infonya ya ?

    BalasHapus
  44. Assalaamu'alaikum, mau nanya kalau dr D3 ke S1 ekstensi farmasi lewat jalur apa dan pendaftarnnya bagaimana?

    BalasHapus
  45. Selamat siang, saya mau tanya informasi untuk tugas belajar pemerintah daerah, persyaratannya apa saja? Kapan ujian masuknya?

    BalasHapus
  46. Kalo jurusan ilmu keparawatan gigi ada gak kak?

    BalasHapus
  47. daftar jalur mandiri FK UGM 2014 kpn?

    BalasHapus
  48. Aslamu alaikum,.maaf kak mau nanya kpan ada pndaftran Maba untuk D4 kbidanan yh?...dan prsyaratannya kira2 apa sja?..

    BalasHapus
  49. Kalau untuk PBOS'ny itu ngurusnya gimna ya pak.?

    BalasHapus
  50. assalamualaikum
    kak bisakah saya masuk ugm tanpa tes dengan jalur prestasi osn?

    BalasHapus
  51. tes seleksi mandirinya dilaksanakan kapan?

    BalasHapus