Jumat, 17 Mei 2013

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Diploma/SV (D3) UGM 2013 | Update (17 Mei 2013)

Jalur Seleksi Masuk UGM


  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
  • PBUTM merupakan bentuk kepedulian Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta diusulkan oleh sekolah maksimal dua peserta tiap sekolah. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

  • Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
  • Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik unggul yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel. Pola ini juga ditujukan untuk daerah T3 (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
     
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
  • PBUB ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai dengan prestasi bidang ipteks (ilmu pengetahuan teknologi, dan seni) Peserta diusulkan oleh sekolah dengan jumlah maksimal dua peserta tiap sekolah dengan pilihan program studi sesuai bidang prestasinya. Peserta seleksi ini dibebaskan dari biaya SPP selama enam semester.
     
  • Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan (PBUSMAK)
  • PBUSMAK merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA, MA, dan SMK untuk memasuki Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melalui program seleksi administrasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.
     
  • Ujian Tertulis (UTUL)
  • UTUL diadakan untuk seleksi calon mahasiswa baru Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang berkualitas dengan kemampuan akademik disertai penguasaan bidang keahlian yang unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Materi seleksi meliputi Tes Potensi, Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam / Ilmu Pengetahuan Sosial (sesuai program studi yang dipilih).

Persyaratan Peserta

1. Penelusuran Bibit Unggul (PBU)

Syarat Umum Semua Jalur PBU

  • Pada tahun ajaran 2012/2013 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/SMK
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
Syarat Khusus Masing-masing Jalur PBU
 

  • Peserta PBUTM
  • Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data :
    1. Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan pejabat desa.
    2. Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh camat bagi non karyawan, oleh Bendahara Gaji Pegawai bagi karyawan institusi).
  • Peserta PBUK
  • Peserta diusulkan oleh mitra yang telah melakukan MoU dengan UGM, dibuktikan dengan melampirkan naskah MoU dan pernyataan kesanggupan menanggung biaya pendidikan sampai dengan selesai. Serta mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
     
  • Peserta PBUB
  • Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut memiliki kemampuan menyelesaikan pendidikan. Mempunyai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih.
     
  • Peserta PBUSMAK
  • Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat tekun dan berhasil dalam menyelesaikan pendidikan di Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
2. Ujian Tertulis (UTUL)
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2011 s.d. 2013
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.


Prosedur Pendaftaran


  • Peserta PBUTM
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.10.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUTM dan dimasukkan ke stofmap warna hijau dengan menuliskan "PBUTM/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUK
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Wakil Pemerintah Daerah/Wakil Perusahaan mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUPD dan dimasukkan ke stofmap warna merah dengan menuliskan "PBUK/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUB
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUB dan dimasukkan ke stofmap warna kuning dengan menuliskan "PBUB/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUSMAK
    Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUSMAK dan dimasukkan ke stofmap warna biru dengan menuliskan "PBUSMAK/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 -15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
     
  • Peserta Ujian Tertulis (UTUL)
    *) Prosedur pendaftaran akan ditentukan kemudian.

Jadwal Pendaftaran Program Diploma Sekolah Vokasi UGM


Jalur SeleksiPembayaran  Pendaftaran VerifikasiTes TertulisPengumuman
PBUTM 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUK 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUB 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUSMAK 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
Ujian Tulis Gelombang I *) *) *) *) *)
Ujian Tulis Gelombang II *) *) *) *) *)

Keterangan :: 
(-) Tidak ada agenda kegiatan bersangkutan 
 *) Agenda kegiatan akan ditentukan kemudian

Demikianlah yang tertulis di halaman um.ugm.ac.id


UPDATE (17 Mei 2013) : Pengumuman Penerimaan

Terkait pengumuman penerimaan yang sebelumnya telah diinformasikan akan dipublikasikan mulai tanggal 17 Mei 2013, informasi terbaru yang didapat adalah pengumuman itu dapat diakses di halaman resmi PMB UGM 2013, dengan login terlebih dahulu dan mendapat keterangan secara personal apakah yang bersangkutan dinyatakan diterima atau tidak. Jadi tidak ada daftar atau list mengenai siapa saja yang diterima, melainkan per calon mahasiswa harus login, dan mendapat keterangan hanya tentang namanya saja, apakah dia diterima atau tidak diterima. Begitu.

Yang dibutuhkan untuk mengisi login dan mengakses pengumuman penerimaan adalah Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir dengan format (ddmmyyyy). Contoh misalnya tanggal 1 Januari 1990, maka ditulis 01011990 tanpa - atau /. Begitu.

Hasil seleksi hanya dapat diakses mulai pukul 17.00 WIB sore ini.

Pengumuman penerimaan dapat dilihat di halaman ini
Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Demikian semoga memberikan cukup informasi. 



Diposkan kembali oleh,          

  

193 komentar:

  1. maaf ka ini bibit unggul hanya khusus vokasi d3 yah ? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaak mau tanya nih, gmn kalo pas kita ngisi formulir kita salah ngklik pilihan kita. misalkan pilihan pertama kita niat bgt ke t.elektro tp kita salah ngeklik, ngkliknya smpe udh di final. kira2 bisa dirubah ga yaa kak?
      sekalian nih hehe

      Hapus
    2. Bisa. Gabung aja http://xcode.or.id/
      Terima Kasih

      Hapus
  2. iya dek, yang sarjana/s1 kan udah ada jalurnya sendiri, di blog ini juga udah dipos apa aja detail masing-masing jalurnya, silahkan liat di posting jalur penerimaan s1 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka kalau mau ngrim berkas di kirim nya ke alamat mana ya ?

      Hapus
    2. berkas? yang jalur apa adek? tolong diperjelas ya :)

      Hapus
    3. yang jalur PBUSMAK ka?? di kirim nya ke alamat mana ya ka??

      terus batas akhir pendaftaran sampe tanggal berapa ka?

      Hapus
    4. berkas dimasukkan ke stofmap warna biru, dipojok kanan atas diberi keterangan "PBUSMAK/SV" pengiriman berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 februari sampai dengan tanggal 3 mei 2013 (senin sampai jumat pada jam kerja) bisa dikirim lewat pos ke sekretariat UM sekolah vokasi UGM atau disampaikan langsung ke petugas administrasi terkait. demikian semoga membantu :)

      Hapus
    5. ka kalau pengumuman penerimaan nya lewat mana yaa ? lewat sekolah apa online ? :)

      Hapus
    6. pengumuman penerimaan pendaftar di semua jalur PBU akan diberitahukan per tanggal 17 Mei 2013, kemudian mengenai dimananya, kita belum dapat informasi. mendekati hari H nanti baru akan diberitahukan, nanti akan dibikin sendiri postingnya disini. demikian semoga membantu :)

      Hapus
    7. kak mau tanya , apa pendaftarannya sekarang masih buka ?

      Hapus
  3. saya mau daftar lewat PBUSMAK. gimana caranya?
    atau saya boleh minta nomer HP mbak/masnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya udah ditulis kan itu di atas, informasi lebih jauh kamu bisa hubungi kami di halaman kontak, demikian :)

      Hapus
    2. untuk jalur PBUB itu harus menggunakan piagam kejuaraan apa tidak ?. trus yg gk punya piagam boleh dftar juga apa tidak ?

      Hapus
  4. mau nanya nihh...
    kalau sv-ugm itu boleh di daftarkan oleh semua sekolah???
    atau sekolah yang di undang oleh sv-ugm aja...
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksud 'sekolah yang diundang' itu yang seperti apa ya dek? kita belum dengar ada informasi tersebut, demikian :)

      Hapus
  5. untuk jalur PBUB itu harus menggunakan piagam kejuaraan apa tidak ?. trus yg gk punya piagam boleh dftar juga apa tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak harus, yang harus diberikan adalah fotokopi rapor selama SMA/SMK dari semester 1-5 (1-4 bagi siswa akselerasi) dan disahkan kepala sekolah, serta surat rekomendasi dari sekolah yang bersangkutan. yang gak punya piagam, boleh daftar.

      Hapus
  6. kalau Vokasi UGM lewat jalur PMDK belum dibuka ya? terus kalau gak diterima D3 UGM lewat jalur PMDK, masih ada harapan diterima lewat jalur tes tulis kan? kalau buat lulus D3 UGM lewat jalur tulis ditentukan oleh passing grade atau gimana? mohon infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masuk program diploma atau sekolah vokasi ugm tahun 2013, hanya terdapat 5 jalur, yaitu PBUTM, PBUK, PBUB, PBUSMAK, dan Ujian Tertulis. prosedur pendaftaran masing2 jalur sudah dituliskan di posting diatas, sebagian jalur sudah memasuki periode pendaftaran, silahkan masukkan berkasmu dan lakukan pembayaran biaya pendaftaran (untuk yang terdapat biaya pendaftaran). kemudian apabila gagal di satu jalur, masih dapat mencoba lagi mendaftar di jalur yang lain, demikian :)

      Hapus
  7. Utk klas aksel apa jg hrs msk kriteria 40% terbaik di kelas utk jalur PBUSMAK ka? Thy

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jalur PBUSMAK, kriteria 40% terbaik itu sepertinya termasuk kelas akselerasi juga. tapi coba deh kamu minta informasi dari kepala sekolahmu dulu, yang penting tu surat rekomendasi dari kepala sekolah. kalo kebijakan sekolahmu siswa akselerasi dapet rekomendasi semua, ya itu sah saja dan itu berkah buat kamu, yang jelas proses di tahap ini berlangsung di level sekolah yang bersangkutan, jadi ugm gak bakal ngecek ke sekolah2, mereka taunya kamu submit berkas lengkap, bayar biaya pendaftaran, kemudian mereka sendiri yang melakukan seleksi, demikian :)

      Hapus
  8. untuk pengiriman berkasnya,apa harus dikirim melalui sekolah ???
    kalau mengirim sendiri juga ga apa-apa kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tidak harus melalui sekolah. tapi kelebihan kalo lewat sekolah itu kamu gak perlu ribet ngurus ini itu, asalkan yang diminta udah dilengkapi, sisanya itu urusan sekolah. tapi kalo mengirim berkasnya sendiri kan agak ribet kalo nanti masih diminta ini itu lagi yang gak disebutin. see? :)

      Hapus
    2. ouh gitu ya. itu yang jalur pbusmak kan di persyaratan pesertanya harus melampirkan surat rekomendasi,sedangkan saya lihat Informasi Kelengkapan Berkas Peserta Sekolah Vokasi hanya melampirkan surat pengantar dari kepsek. apakah sama,surat rekomendasi dengan surat pengantar kepsek ? kalau yang mengirimkan sendiri ga perlu pke surat pengantar kan ??

      Hapus
    3. maaf ya baru dijawab, aku lagi ribet UTS, hmm sepertinya dua nama benda itu merujuk pada satu hal yang sama, kayaknya apa yang disebut surat pengantar itu sama dengan surat rekomendasi, kalo yang ngirim sendiri itu tetep harus pake surat lah, bedanya ngirim sendiri sama lewat sekolah itu cuman siapa yang dateng ke UGMnya, semua persyaratan yang diminta tetap harus dilengkapi sebagaimana tertulis di website resmi UGM, demikian :)

      Hapus
  9. Ka admin saya mau tanya soal Jalur PBUSMAK vokasi UGM ,saya mau nanya apakah sy bsa ikut jalur tsb sedangkan sy lulusan tahun 2012 kmrn?mohon infonya terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini kami juga kurang tahu dek. kalo kayaknya sih, gak bisa. soalnya salah satu persyaratannya adalah surat pengantar atau surat rekomendasi dari kepala sekolah, dan yang kami tahu, surat yang demikian itu hanya didapat sewaktu kamu lulus di tahun yang sama, dan kalo surat tersebut tidak ada di kelengkapan berkas kamu, artinya kamu tidak memenuhi syarat, dan itu artinya gak bisa. sepertinya demikian, coba kalo kamu emang serius mau lewat jalur ini, menghadap saja ke petugas administrasinya (biasanya di gedung DAA, atau kamu coba tanya ke front officer sekolah vokasi UGM) tanya apakah dari tahun lalu bisa masuk melalui jalur ini, demikian semoga membantu :)

      Hapus
  10. Kalau dari jurusan IPS apakah bisa masuk prodi D4 informatika? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru dijawab, masih ribet UTS nih, derita mahasiswa. hmm, soal yang kamu tanyain itu kita kurang tahu dek, karena sejatinya fakultas teknik itu diperuntukkan buat lulusan IPA. oh iya, sekedar info aja, teknik informatika di UGM namanya adalah teknologi informasi, itu salah satu jurusan di fakultas teknik ugm. lalu soal jawaban dari pertanyaanmu itu, ini kita kasih link website resmi dari jurusan bersangkutan, coba kamu cari informasi disitu, siapa tahu ada, semoga membantu.

      http://te.ugm.ac.id/
      dan
      http://www.fakultas-teknik.ugm.ac.id/jurusan/teknik-elektro-dan-teknologi-informasi.html

      Hapus
  11. kalo ngirim lewat pos kirimnya k alamat kampus ugm apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. posnya dikirimkan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM, atau bisa diserahkan langsung ke petugas administrasi pendaftaran yang bersangkutan, demikian :)

      Hapus
  12. min mau tanya,kira2pendaftaran d3 ujian lg kapan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujian ini maksudnya ujian apa ya? ujian tertulis UM Sekolah Vokasi? bisa diliat di tabel di atas bahwa untuk ujian tertulis gelombang satu ataupun dua, agenda pelaksanaannya akan ditentukan kemudian, jadi belum diberikan informasi terkait ujian tertulis, demikian :)

      Hapus
  13. Min mau tanya, kalau piagam olahraga tingkat kota bisa untuk modal mendaftar jalur PBUB tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pake piagam aja boleh daftar kok. kemudian bagi yang mau menyertakan piagam sebagai nilai tambah, piagam jenis apapun diperbolehkan asalkan piagam tersebut adalah keluaran dari dinas pendidikan setempat dan sifatnya resmi dari kejuaraan terkait, jadi bukan kompetisi swasta atau semacamnya. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  14. pngumumannya PBUTM itu nanti lewat apa kak?mhon nfonya...apakah lwat sms...atau d posting d laman

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi mengenai pengumuman penerimaan akan disampaikan mendekati tanggal yang disepakati, adapun tanggal yang dimaksud adalah 17 Mei 2013, itu pengumuman untuk keseluruhan jalur Penelusuran Bibit Unggul. jadi nanti paling tidak satu minggu sebelumnya akan diberitahukan perihal pengumuman penerimaan, demikian semoga membantu :)

      maaf aku lagi gak login pake akun kmpp-ugm, jadi aku balesnya pake akun google pribadi. :)

      Hapus
  15. kak numpang tanya .
    untuk program diploma apa hanya bisa memilih sesuai jurusan aja ? misal anak IPS hanya bisa memilih kelompok studi IPS . apakah begitu ?
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa begitu dan bisa tidak pada beberapa jurusan tertentu. ada jurusan yang fakultasnya memperbolehkan adanya pendaftar dari lintas jurusan, tapi tidak semuanya begitu. informasi mengenai hal itu bisa ditemukan di website resmi dari fakultas yang bersangkutan, kalo kamu ngasih spesifiknya jurusan apa yang kamu mau, nanti kita bisa nyariin kamu alamat websitenya. :) terus apabila dinyatakan lintas jurusan diperbolehkan, cara mendaftarnya adalah dengan mengambil IPC pada ujian tertulis nanti, dan memilih pilihan jurusan yang diinginkan.
      demikian semoga membantu :)

      Hapus
  16. maaf saya mau tanya, apabila kita keterima di sv-ugm tapi kita masih tetep bisa ikut sbmptn nanti kan? dan kalau diterima di tulis ugm yg s1, apa yang vokasi ini bisa dilepas? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dinyatakan diterima di sekolah vokasi, soal ikut tes lagi atau engga itu menjadi urusan yang bersangkutan, karena prosedur pendaftaran sbmptn hanya membutuhkan pelunasan biaya pendaftaran sebagai syarat pokok. akan tetapi mengenai mana yang berhak untuk dipilih apabila dinyatakan diterima, keputusan mengenai itu sejauh ini belum dikeluarkan dari rektor ugm. informasi mengenai kemungkinan boleh tidaknya bisa kamu coba cari di halaman sekolah vokasi sendiri atau dengan menanyakan langsung ke bagian akademika. untuk perkiraan jawaban yang akan diberikan oleh ugm, kita gak bisa jamin apakah boleh atau tidak. sejauh ini peraturan yang kita tau tentang mana yang gak boleh dilepas itu hanya snmptn undangan. untuk yang masuk ke sekolah vokasi, tidak ada informasi khusus. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  17. kak,ada yng blng d3 itu sama ada yng blng beda? yng bener mana?
    dan katanya vokasi engga bisa ngalnjutin s1, bener?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya sama/beda itu sama/beda kalo dibandingin sama apa? yang sama/beda itu apanya sama apanya? heran deh, kok pada lucu lucu aja pertanyaannya. kita akan jawab pertanyaan yang nomer dua ya, pernyataan bahwa lulusan diploma yang nantinya lulus bergelar D3 mulai angkatan tahun 2013, tidak diijinkan alih jalur ke jenjang S1 di lingkungan UGM. yang mana pernyataan tersebut berarti, yang tidak diperbolehkan hanya yang D3 dan S1 nya diambil di UGM. kalau yang bersangkutan adalah lulusan D3 dari sekolah tinggi lain, untuk mengambil S1 di UGM dinyatakan diperbolehkan. demikian juga sebaliknya, bagi yang lulusan D3 di UGM, boleh melanjutkan ke S1 tetapi tidak di lingkungan kampus UGM. lalu proses selanjutnya akan menyesuaikan dengan sekolah tinggi lanjutan lain yang bersangkutan. jadi yang dilarang hanya untuk lulusan D3 mulai angkatan 2013, yang ingin alih jenjang sarjana (S1) juga di lingkungan UGM. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  18. kak, kalo misal pas administrasi tu nomer NIS.nya yg d.masukin kebalik angkanya misal 73 jadi 37, bisa d.urus nggak kak? Jwb plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya udah pernah baca pertanyaan ini deh, jangan-jangan kamu ini yang nanya di grup FB kita ya? hahaha, belum dapet solusinya ya? coba kamu hubungi sekretariat PMB UGM, yang jelas proses kayak gini harus cepet diselesaiin, dan jangan sampe mengulang. jujur kita baru ngadepin ini pertama kali ya kamu ini, dan kita juga gak tau musti jawab gimana, soalnya belum pernah ada yang kayak gini sebelumnya. maaf untuk kekurangan bantuan yang diberikan, kita pun sama bingungnya kayak kamu -_-

      Hapus
  19. kak cara mendapatkan passwordnya bagaimana setelah membayar uang pendaftaran?
    Saya engga bisa masuk ke situs karena tidak tahu passwordnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini untuk jalur apa ya? dan kalo bisa jangan pake anonim gitu ya namanya, kita juga agak susah ngasih taunya, ini anonim yang mana lagi, masa anonim semua -_-

      Hapus
  20. UTUL nya kira kira setelah atau sesudah SNMPTN ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedur pendaftaran berikut mekanisme seleksi melalui jalur ujian tulis akan ditentukan setelah pengumuman snmptn, begitu kabar yang nyampe ke kita. waktu yang tersisa ini bisa dimanfaatkan dengan mempersiapkan diri, mengingat setelah pengumuman resmi dari panitia snmptn pusat, kursi yang tersisa bagi tiap jurusan UGM sudah berkurang 50%, dan itu akan diperebutkan oleh lulusan 3 tahun terakhir se Indonesia. mohon diperhatikan supaya tidak terjadi hal yang tidak ingin disesali. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  21. kak album panitia itu lmbar ke2 stlh kartu pesertakan, mksdnya itu yng diatasnya kartu peserta bkn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya ini untuk jalur apa ya? aduh tolong pertanyaannya diperjelas ya, kita juga udah bingung jawab satu persatu, apalagi kalo yang sepotong gini pertanyaannya. -_-

      Hapus
  22. Ka,mau tnya untk pengumuman jalur PBUTM itu bsa dliht dhalaman web mana yha?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengumuman untuk semua jalur PBU akan diberikan per tanggal 17 Mei 2013, jadi nanti mendekati hari tersebut akan diberitahukan informasi mengenai pengumuman penerimaan, selanjutnya apabila ada informasi terbaru akan diposting di website ini, sering-sering mampir aja, demikian semoga membantu

      Hapus
  23. sy mau tanya, sy kan udah kelewatan pendaftaran PBUSMAK, jd klo sy mau msk program D3 udah gak bisa ya? atau ms ada jalur tuisx?

    BalasHapus
  24. yang diterima lewat program PBU berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti aku post, sabar ya, ribet kuliah nih :)

      Hapus
  25. kak mau tanya kalo d4 kebidanan ugm bisa langsung dr SMA apa harus d3 dulu yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari disini http://sv.ugm.ac.id/?pg=prodi&id=13
      demikian, semoga membantu ya, :)

      Hapus
  26. pendaftaran gelombang 1 D3 UGM kapan yah?? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada informasi, nanti menyusul, demikian :)

      Hapus
  27. kak kpan nih info pengumumanya ? udh mndekati hari H loh :3 b.jpang sm pariwisata gmn kak bnyk nggk peminatnya D3 ? udh harap-harap cemas nih :O makasi kakak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar ya, ini belum mendekati :p peminat banyak atau nggak, jawabannya bisa kamu cari di antara komentar2 yang masuk. harap harap cemas, haha, biasanya ini fase sebelum buang air. iya kan? biasanya kan kalo harap harap cemas gitu, tiba2 5 menit kemudian pengen buang air. hahahaa

      Hapus
    2. rrrrgh -_- klo surh cari dokoment mah bkn jwbn kak . he tp makasih deh udah berbaik hati . klo fase itu kaka doang kalik :p ngmong2 besok pengumumanya bisa diliat dmn kak ? tolng kash jwbn detil ya , makasih :)

      Hapus
    3. maksudnya dokumen? emang aku bilang dokumen? :o hmm, informasi pengumuman tuh udah ada di posting di atas, barusan aku update hari ini, dibaca sendiri ya ;)

      Hapus
  28. Ka mau tanya, kalo buat jalur tulisnya nanti testnya kaya soal soal sbmptn apa kaya soal SMA yah? Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau. tapi kayaknya lebih susah dari SMA. aduh gatau deh, kalo kamu berusaha pasti bisa. cuma itu yang kita tahu, hehe

      Hapus
    2. Ada contoh2 soal test tahun lalu ga ka? Kalo ada aku minta dong ka?
      Soalnya aku minat bgt masuk vokasi ugm ka hehe

      Hapus
    3. gak ada e, coba nanti aku tanyain temen-temen kmpp yang dari sekolah vokasi. aku sarjana jadi gak tau apapa. -_-

      Hapus
    4. Walah kirain aku, kaka vokasi -__- yaudah mohon bantuannya yah ka ttg bahan2 soal ujian test tulisnya ..

      Hapus
  29. Kak admin, mau nanya yg d4 itu kapan pelaksanaan seleksinya? (maksudnya Ujiannya)

    BalasHapus
  30. kak, kalo UTUL 3013/2014 gel 1 kapan ya di milai pendaftarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20 Mei 2013 sampai 1 Juli 2013
      demikian semoga membantu :)

      Hapus
  31. kak kalo mau ngliat pengumuman hasil pnerimaan loginya dmana ya

    BalasHapus
  32. MAU numpang nanya ini udah tanggal 17 mei kok blm ada pengumumanya keluar malah ID saya gbsa dibuka ...
    apa nih solusinya?
    makasi

    BalasHapus
  33. pengumuman sv ny dilihat d mana y min,dilihat ny datang langsung k ugm/lewat online ?kok skrg kn sdh tgl 17,sya cari d web ugm kok blm keluar ?

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. PBU Diploma 2013 (dapat diakses mulai 17 Mei 2013 jam 17:00 WIB) da di web um.ugm.ac.id kolom kuning

      Hapus
    2. makasih :)

      Hapus
    3. makasi atas informnya kak..

      Hapus
  34. kak pengumuman nya kpn nih ...
    ditunggu :)

    BalasHapus
  35. makasih ya buat yang udah bantuin jawab, kita gak tau siapa karena anonim.
    thanks anyway ;)

    tentang pengumuman penerimaan udah ada informasinya di posting ini, barusan kita update, silahkan dibaca sendiri yaa, makasih :)

    BalasHapus
  36. maaf nih, kalau passwordnya lupa gimana cara loginya?, mohon bantuanya. .

    BalasHapus
  37. Tolong bantuannya klau nomor pendaftarannya lupa gmmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lupa ya di ingat-ingat :)

      Hapus
    2. nomor pendaftaran itu pas apa sih? q kok gag tau.. disini adanya nis/ nomor mahasiswa. sama cuma password doang

      Hapus
    3. ada, mungkin di berkas pendafaran, coba cari dulu

      Hapus
  38. Iya nih Lupa tolong bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu print out... di pas kamu daftar itu ada nomor pendaftarannya

      Hapus
    2. yah yang aku dikirim langsung :( gabisa liat dong?

      Hapus
  39. kak, ini nomor pendaftarannya ada dimana? di bukti transfer bukan?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  40. pada gabisa masuk juga ya?
    aku juga gabisa nih,pake password yang di bukti transfer waktu itu gabisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus? kamu gimana? dicoba lagi aja =O

      Hapus
    2. gatau nih, udah dicoba gabisa juga :(

      Hapus
    3. nomer pendaftaran ya bukan password. dicoba aja deh, semua nomer yang ada di berkasmu, cobain semua. dan pastiin juga tanggal lahirmu bener ya, jangan2 yang salah tanggal lahirnya -_- dicek juga penulisannya

      Hapus
    4. eh, ndak pake pass kok. cuma nomor pendaftaran ama tanggal lahir gitu -__-
      nomor pendaftaranmu masi ada kan?

      Hapus
    5. akhirnya aku coba dari nomor pendaftaran temen aku,aku ganti satu angka, alhamdulilah langsung kebuka, hasilnya keterima :)

      Hapus
  41. asslm...kak wktu itu saya udh cetak krtu tp krtunya hilang smentara blm smpt menge-savenya, bisa cetak ulang tdk untuk melihat no.pndftarannya? mohon bantuannya, trmksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kamu login di halaman pendaftarannya, terus ikutin lagi petunjuknya kayak pas daftar dulu, di step akhir mungkin ada nomer pendaftaran, semoga membantu ya

      Hapus
  42. Kak, saya udah cek pengumuman tapi ktanya nomr pendaftaran dan tgl lahir tidak sama, itu gmana kak? padahal kalau yg ga kterima tlisanya "nmr pendaftaran anda tidak diterima"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu berarti nomer peserta atau tanggal lahirmu salah

      Hapus
    2. udah saya cek ulang kak, nmr pendaftaran dan tgl lahir sama, tpi kak kalau pas ngirim berkas salah maskin nmr ngaruh ga ka?

      Hapus
  43. kak klo no pendaftarannya lupa gimana? :(

    BalasHapus
  44. kak mau tanya, kalau sudah diterima, proses registrasi nya gimana ya ? soalnya cuma disebutin tanggal aja tanpa prosedur,terimaksih :)

    BalasHapus
  45. kak mau tanya, kalau no pendaftarannya lupa gimana? ga punya copyannya :( terimakasih

    BalasHapus
  46. kak mau tanya, kalau misalkan sudah diterima di vokasi ugm, waktu registrasi itu kita ngapain kak ? soalnya cuma dicantumin tanggal aja gak ada prosedurnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kok telat?

      saya baca tanngal 20 mei jam 13:00 bisa di cek.. tapi kok gak ad kak

      BALES yah . :D

      butuh info... takutan ngegeantung :D makasih ka

      Hapus
  47. kartu peserta nya ikut ke berkasnya :( gimana min ??

    BalasHapus
  48. mau tanya ng0m0ng2 sekolah vokasi d3 ini. .bsa nglanjutin atau transfer k S1 gx ea? M0h0n penjelasan.na. .

    BalasHapus
  49. kak kalo lupa nomor pendaftarannya gimana ya ?

    BalasHapus
  50. Admin Mau Tanya : Pengumuman : Selamat, Saudara diterima pada Program Studi
    D3 Manajemen Sekolah Vokasi UGM melalui jalur PBUSMAK
    karena tidak memenuhi persyaratan pada jalur yang dipilih ketika mendaftar.

    Jadwal Registrasi Saudara pada tanggal 30 Mei 2013 pukul 11:00-12:00.

    Ketentuan Registrasi
    Informasi mengenai prosedur pembayaran dapat dilihat di laman http://um.ugm.ac.id/
    pada hari Senin, 20 Mei 2013 mulai pukul 13:00 WIB.

    Ini di terima atau ngga? Ada kalimat :
    karena tidak memenuhi persyaratan pada jalur yang dipilih ketika mendaftar ..
    apa maksudnya?

    BalasHapus
  51. kog ga bisa login tu gimana sih???????? padahal no pendaftaranny sama tgl lahirny dah benar tu..

    BalasHapus
  52. krtu psrta ikut d berkas, klau di cari ke sekretariat ugm msih ada g kak??

    BalasHapus
  53. ini kok blm keluar juga cara registrasi pembyarannya kak
    gmn ne ya?
    bsa bantu ?
    makasi

    BalasHapus
  54. ms/mbk .
    ketentuan registrasi nya gimana ya ?
    saya cari2 ko ga ada ,kta ny tgl 20 mei pukul 13.00

    BalasHapus
  55. min ketentuan registrasi x mana?

    BalasHapus
  56. kak...
    mau nanya nih..
    ketentuan registrasi nya kek mana nih..??
    saya cari2 gak ada juga kak
    katanya hari ini pukul 13.00

    BalasHapus
  57. belum ada ketentuanya to ini ??? katanya jam 1 siang ??

    BalasHapus
  58. Rindy Tanjungsari20 Mei 2013 14.42

    kapan prosedur pembayarannya diumumkan?
    Tokong segera diumumkan ya. terimakasih

    BalasHapus
  59. audrey ikhsan20 Mei 2013 17.48

    Ini belum ada kelanjutanya ya ? Yg no pndaftaranya ilang ?

    BalasHapus
  60. Hallo admin mau tanya nih, saya dari luar daerah tepat nya di sumatera utara dan sudah mendapat pengumuman diterima di jurusan agro industri jalur pbuk sv untuk proses selanjutya saya harus bagaimana??? mohon info nya ya..THX

    BalasHapus
  61. iyah kalau aku ELINS jurusannya D3

    tapi blum ad sprosedurenya kaka

    BalasHapus
  62. kak, ane org gorontalo, kira2 mau daftar d3 trus ikut seleksi tulis disana insyaAllah juli gitu.. apa masih bisa min ? Mohon info ya yg tau. syukron

    BalasHapus
  63. aduh aduh, maaf, tugasku numpuk, kuliahku lagi ribet banget ini. bentar lagi juga mau ujian akhir. aku gak bisa jawab semuanya satu persatu ya, apalagi penanya anonim, kita udah bilang di awal kalo penanya anonim tidak akan direspon. terus kalo ada yang butuh banget dibantu, kalian bisa kontak aku aja lewat sms atau telfon. nomerku ada di kolom admin di bagian bawah. jam menelfon sampe pukul 21.59, makasih. maaf atas kekurangan bantuannya. demikian

    BalasHapus
  64. dan ini yang kita dapat dari website resmi UGM.

    ------------------------------
    [Pengumuman]

    Prosedur registrasi dan pembayaran biaya pendidikan Program Diploma Jalur PBU dapat dilihat pada 22 Mei 2013 pukul 13:00 WIB
    ------------------------------

    segera setelah prosedur diumumkan, kita juga akan bikin postingnya di website ini. yang sabar yaa. demikian semoga dapat menenangkan.

    BalasHapus
  65. vokasi ugm bagus gak sih? kok kayaknya mudah ketrima, temenku yg nilainya gak begitu bagus juga bisa ketrima. tolong ditanggapi. thx

    BalasHapus
  66. Biaya untuk Mahasiswa baru Diploma berapa ?

    BalasHapus
  67. setelah daftar D3 boleh daftar yang SBMPTN gak ?
    apakah D3'nya hangus ?? bales ya

    BalasHapus
  68. kenapa pengumuman registrasi D3 tidak tepat waktu lagi?

    BalasHapus
  69. Prosedur registrasi dan pembayaran biaya pendidikan nya setelah dibuka di website resminya kok ngga ada ya ? apa karena telat ngebuka .. emang harus jam 13.00 pas ya ? Pusing banget nih, takut ngegantung :(

    BalasHapus
  70. min..
    surat siap menaati peratuan UGM dicetak darimana min?
    bsa bantu min?

    BalasHapus
  71. udah bsa buka di web log in dlu

    BalasHapus
  72. tlng d share scr gamblang agar kami tdk bngung. plis

    BalasHapus
  73. sebelumnya selamat malam :), kak mau tnya.. Td saya buka d web UGM kolom Program Diploma bagian Uang Kuliah d cantumin biaya lain2 meliputi biaya jas almamater 310rb sma biaya asuransi kesehatan 40rb, tp d keterangan registrasi cma d cantumin 310rb ut jas almamater, nak it bsok saya bayar.ny nurut yg d keterangan registrasi (total 310) ap d kolom Uang Kuliah (350) kak? Thx :)

    BalasHapus
  74. kak yg d byr apa aja selain 310. trs ngrim x gmn? apa kayax pndaftaran?

    BalasHapus
  75. kak mau tanya, saya kan lulusan smk 2011, pengen daftar sv ugm. nah itu harus ngambil ipa ips or ipc> sedangkan di smk kan ga ada jurusan ipa ips. trus kalo saya mau ambil jurusan teknik mesin harus memilih ipa ips or ipc >
    mohon bantuannya kak

    BalasHapus
  76. Surat pernyataan siap mentaati Peraturan Universitas Gadjah Mada bisa saya dapatkan dari mana?
    mohon dibalas. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan jawab ya, surtnya ada di atas surat yg ttg surat2 untuk berkas. Di situ ada linknya wanra kuning klo gak salah. Klik aja terus print. eh aku juga mo numpang tanya, tahu gak cara transfer uangnya? pake kode2 kayak pendfatrn dlu gk?

      Hapus
  77. Min Mohn petunjuk, setelah transper uang kuliah n uang registrasi di kasih password n nomor peserta untuk login ke sistem registrasi ..... tapi beberapa kali login ke sistem registrasi ga masuk2 ...... ??????

    BalasHapus
  78. Rindy Tanjungsari24 Mei 2013 19.51

    iya, aku juga setiap kali login ke sistem registrasi selalu untrusted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. sama selalu untrusted. jadi gimana loginnya?

      Hapus
    2. trus gmana ini???kamu uda registrasi belum???

      Hapus
  79. kak mau tanya seleksi ujian tulisnya kapan ya kak ?
    mohon dijawab, terima kasih...

    BalasHapus
  80. kak tanya lagi, jadwal registrasi saya tanggal 29 besok jam 10.00-11.00. katanya suruh dateng kesana tidak boleh diwakilkan. sedangkan saya di lampung. bagaimana kak ? tolong balas segera yaaa ^^

    BalasHapus
  81. kak, mau tanya kalau sdh diterima lwt jalur snmptn boleh ikut utul ugm? soalnya sy pngen ngambil d4 bidan pendidik sedangkan program diploma kan tdk diikutkan k jalur snmptn. mohon sarannya.. trmkasih.

    BalasHapus
  82. Kk mau tanyak ni, aku ikut pbuk dari sekolah ku, aku ada salah isi data keluarga ku kak, iu pengaruh ga ya? Atau aku perlu daftar ulang lg dan bayar lg?

    BalasHapus
  83. kak, kok ga bisa login untuk regristrasi onlinenya ya???kok masih aja untrusted trus ???gmana nih...

    BalasHapus
  84. kak klo di d3 bisa transfer ke s1 ugm gak adakah persyaratan khusus kalo tranfer ke ugm? dan apakah msih boleh ikut sbmptn di ugm atau um ugm ? terima ksih

    BalasHapus
  85. kak..
    untuk pengisian form bagi smk teknik :
    sejarah
    teori keahlian
    praktek keahlian

    pertanyaan :
    1. untuk sejarah diisi dengan nilai ips atau apa?
    2. untuk teori keahlian dan praktek keahlian di rapor itu digabung kak dan terdapat banyak jenis materi keahlian. nah saya bingung itu nilai diisi apa?
    3. waktu pengisian nilai ada komanya, nah komanya diisi apa engga?
    4. untuk PBUTM S1 map yang digunakan itu warna apa?
    tolong segera di bales ya kak..
    makasih..

    BalasHapus
  86. Ardhi Maulana1 Juni 2013 06.12

    Kalo UTUL nya itu kapan? pendaftarannya kapan ?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutan jawab ya. kalo nggak salah utul ugm udah mulai pendaftarannya baik buat program sarjana ataupun diploma. coba cek http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=front

      Hapus
  87. masih bisa daftar gak? udah telat yaa? :(

    BalasHapus
  88. fafa fajriani3 Juni 2013 07.37

    kak,aku anak bidik misi yang nanti ikut sbmptn ,.Untuk program bidik misi apakah UGM memberikan kuota pada jalur ujian tulis .
    Nah kalo kasusunya kayak aku ,apakah berarti seandainya terpaksa tidak diterima ,apakah bisa masuk ke gelombang 2 ?thanks ya kak,tolong dijawab karena banyak yang ikut bidik misi.

    BalasHapus
  89. fafa fajriani3 Juni 2013 07.45

    kak ,aku anak bidik misi yang nanti masuk ke sbmptn .Nah ,apakah UGm memberikan kuota untuk program bidik misi pada ujian tulis?
    kalo kasusnya kayak aku ,semisal terpaksa tidak keterima sbmptn 2013 apakah berarti ikut ujian tulis gelombang ke 2 ?terima kasih ya kak ..tolong di jawab ,sebagai informasi juga buat anak BM yang lain

    BalasHapus
  90. kak, Kalau mendouble S1 bahasa korea dengan D3 bahasa Mandarin bisa tidak?. Makasih.

    BalasHapus
  91. kak, kan bntar lagi ada utul...
    misal daya tampung d3 komputer 165...

    nah pasti kan dah dikurangi yg undangan itu?
    kira kira sisa berapa persen lagi kuotanya??

    BalasHapus
  92. maaf, itu kalau album panitia seperti apa ya? lalu dapetnya kapan ya? dan lokasi ujian kita baru taunya kapan ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  93. Kak, bagaimana cara mendaftar UTUL dengan Bidikmisi??

    BalasHapus
  94. min, kalau ada kesalahan mengisi data giana min? apa saya harus mendaftar ulang?

    BalasHapus
  95. kuota d3 jalur um ugm berapa persen? Di web tidak ada. terimakasih

    BalasHapus
  96. min, untuk Um ugm tanggal 7 besok kalau daftar um ugm yang jalur sarjana (yang aturannya boleh milih program sarjana dan diploma)sama yang daftar KHUSUS program diploma gelombang 1 . Soalnya sama tidak?

    BalasHapus
  97. Ayusari Dewi2 Juli 2013 14.43

    assalamualaikum :)
    kak aku mau tanya, kan aku udah daftar UTUL UGM, tapi aku salah masukin nominal gaji ayah aku, nanti pas pemberkasan bisa diubah ga kak?

    BalasHapus
  98. Min, mau tanya, prosedur pendaftaran D3 UGM UTUL Gelombang 2 gimana ya? Form pendaftarannya dimana? Sudah bayar di BANK BTN ni. Bales. Thx

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  101. gan , saya daftar D3 UGM Utul gelombang 2 lewat jalur bidikmisi, saya sudah dapat KAP dan PIN nya, sedangkan pada menu login http://um.ugm.ac.id/2013/sv-2/idx.php hanya tertera
    Nomor Induk Siswa(NIS):
    Password :
    (ddmmyyyy)

    bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmangx bisa too utul bidikmisi,, mohon dijelaskan,, n caranya gimna,,

      Hapus
  102. maaf mau tanya yang ktrima jalur PBUTM bebas biaya pendidikan.
    trus dapet uang saku tidak,, denger dari mahasiswa ugm katanya dapet.
    trima kasih

    BalasHapus
  103. passwornya itu di isi apa ya ?
    dibukti pembayaran BRI ga ada passwordnya
    terus saya harus gimana ?

    BalasHapus
  104. kak admin kalo jalur pbsmak itu apa biaya persememesternya sudah ditentukan atau tetep ikut uang kuliah tunggal??

    BalasHapus
  105. mau tanya, untuk program D4 kebidanannya itu dari lulusan SMA saja atau bisa transfer dari D3? terimakasih.

    BalasHapus
  106. tersisa utul d3 ugm gel 2 ya min ??? :)

    BalasHapus
  107. Bagi yg karyawan bgaimana cara daftar ny dan jalur seleksi apa yg dipakai , terus kalo misalnya nilai rapot ny gak selalu tinggi bisa gak ya masuk ke fakultas psikologi UGM ??

    BalasHapus
  108. kak bagi yg udh lolos jalur utul tu kalo mau tau biaya masuknya liat di website um.ugm kan ? yg uang kuliah ? terus biaya kuliah tunggal sma ukt itu bedanya apa ?

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  110. gimana caranya dftar utul gelombang 2 lwat jalur bidik misi,,.?? yg tau harap coment yaa

    BalasHapus
  111. lokasi utul gelombang dua dimana ya kakak?
    pembagian kuota untuk jalur utul gel II brp persen lagi?

    BalasHapus
  112. utul dua bisa menggunakan bidik misi min?

    BalasHapus
  113. yang perlu diersiapkan ato dibawa saat UM UGM gel. 2 pa aja ya?

    BalasHapus
  114. kak saya lulusan D3 bahasa inggris Politeknik Negeri Padang
    bisa gak saya tranfer ke S1 sastra inggris UGM

    BalasHapus
  115. kak, saya mau tanya. saya lulusan D3 analisis kesehatan, dan saya mau melanjutkan S1. kira2 jurusan S1 apa yang dapat menampung saya.?. sekian terima kasih....

    BalasHapus
  116. kak mau tanya kalo mw masuk ugm dari smk untuk 2014 caranya gmana??
    dan kira" dah di buka apa blm ka pendaftaranya??

    BalasHapus
  117. kak mau tanya D4 kebidanan UGM bisa langsung dari SMA atau harus dari D3 dulu ?

    BalasHapus
  118. maaf kak,saya mau tanya ,saya anak IPA mau masuk D3 akuntasi lewat jalur prestasi bisa atau tidak? klo bisa pendaftarannya kapan?online atau harus datang ke UGM?
    makasih sebelumnya kak...

    BalasHapus
  119. kak pbusma UGM sudah di buka belum?

    BalasHapus
  120. Assalamualaikum
    kak mau tanya untuk tansferan dari d3 ke d4 bidan pendidik kapan dibukanya?? kok saya baca yang diku tanggal 10 feb untuk yang sekolah vokasi untuk calon mahasiswa dari SMA aja,, terus jalur masuknya gmn?? ada biasiswa ga??
    mohon infonya ya kak??.. trimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  121. maaf mau nanya kak, yang bagian kelompok seleksi di pendaftaran online itu maksudnya gimana ya?

    BalasHapus
  122. Ijin bertanya, jika dari siswa SMK mau daftar SV UGM apakah harus sebidang dengan jurusan di SMK??

    BalasHapus
  123. Dengan hormat, saya Sarah ,ingin bertanya mengenai penerimaan mahasiswa baru sekolah vokasi. Saya ingin mendaftar lewat jalur Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas-SV, mengenai kelengkapan berkas, apa perbedaan Kartu Peserta dengan Album Panitia kak? Saya belum paham, mohon infonya. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  124. saya sudah mengirim berkas pendaftaran SV UGM lewat jalur PBUSMAK , tapi saya menambahkan surat keterangan ranking satu , surat berkelakuan baik ,, itu gak apa apakn ,, katanya kan yang terbaik di kelasnya ,?

    BalasHapus
  125. kak, mau tanya.., bedanya PBUB dan PBUSMAK apa ya..?, dan apa kelebihan masing masing jalur itu ..? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus