Senin, 20 Mei 2013

Daftar Fakultas dan Jurusan di UGM tahun 2013


Berikut ini adalah daftar semua 18 fakultas dan keseluruhan 68 jurusan yang ditawarkan bagi para calon mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada tahun 2013.


Nama Fakultas Jurusan Ditawarkan Daya Tampung Syarat
Fakultas BiologiIlmu Biologi2201,5
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Akuntansi 150 1,2,3
Ilmu Ekonomi 100 1,2,3
Manajemen 120 1,2,3
Fakultas Farmasi Farmasi 240 5
Fakultas Filsafat Ilmu Filsafat 150 2,3,4
Fakultas Geografi Geografi dan Ilmu lingkungan 100 1,5
Kartografi dan Penginderaan Jauh 70 1,5
Pembangunan Wilayah 70 1,2,3
Fakultas Hukum Ilmu Hukum 350 3
Fakultas Ilmu Budaya Antropologi Budaya 39 0
Arkeologi 33 1,5
Bahasa Korea 31 2,3
Ilmu Sejarah 32 0
Pariwisata 50 0
Sastra Arab 26 2,3
Sastra Indonesia 38 0
Sastra Inggris 48 2,3
Sastra Jepang 23 2,3
Sastra Nusantara 20 0
Sastra Perancis 23 2,3
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) 75 0
Ilmu Hubungan Internasional 80 0
Ilmu Komunikasi 140 1,2,3,4,5
Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (Sosiatri) 76 0
Politik dan Pemerintahan (Ilmu Pemerintahan) 75 0
Sosiologi 75 0
Fakultas Kedokteran Umum Gizi Kesehatan 80 1,2,3,4,5
Ilmu Keperawatan 110 1,2,3,4,5
Pendidikan Dokter 230 1,2,3,4,5
Fakultas Kedokteran Gigi Ilmu Keperawatan Gigi 75 1,2,3,4,5
Pendidikan Dokter Gigi 152 1,2,3,4,5
Fakultas Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan 180 1,2,3,4,5
Fakultas Kehutanan Ilmu Kehutanan 250 1,2,3,4,5
Fakultas Matematika dan IPA Elektronika dan Instrumentasi 90 1
Fisika 85 1
Geofisika 75 1
Ilmu Komputer 90 1
Kimia 180 1,5
Matematika 70 1
Statistika 70 1
Fakultas Pertanian Agronomi 40 1,2,3,4,5
Budidaya Perikanan 50 1,2,3,4,5
Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan 50 1,2,3,4,5
Ilmu Tanah 40 1,2,3,4,5
Manajemen Sumber Daya Perikanan 50 1,2,3,4,5
Mikrobiologi Pertanian 30 1,2,3,4,5
Pemuliaan Tanaman 30 1,2,3,4,5
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 30 1,2,3,4
Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) 80 1,2,3,4
Teknologi Hasil Perikanan 45 1,2,3,4,5
Fakultas Peternakan Ilmu dan Industri Peternakan 240 2,3
Fakultas Psikologi Psikologi 200 1,3,5
Fakultas Teknik Arsitektur 80 1,2,3,5
Fisika Teknik 110 1,2,3,4
Perencanaan Wilayah dan Kota 70 1,2,3,5
Teknik Elektro 120 1,2,3,4
Teknik Geodesi 90 1,2,3,4,5
Teknik Geologi 120 1,2,3,4,5
Teknik Industri 140 1,2,3,4,5
Teknik Kimia 140 1,2,3,4,5
Teknik Mesin 140 1,2,3,4,5
Teknik Nuklir 45 1,2,3,4
Teknik Sipil 150 1,2,3,4,5
Teknologi Informasi 65 1,2,3,4
Fakultas Teknologi Pertanian Teknik Pertanian 100 1,2,3,4,5
Teknologi Industri Pertanian 100 1,2,3,4,5
Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian1001,2,3,4,5
Keterangan Label "Syarat" ::

(0) tidak ada persyaratan;
(1) tidak boleh tuna netra;
(2) tidak boleh tuna rungu;
(3) tidak boleh tuna wicara;
(4) tidak boleh tuna daksa;
(5) tidak boleh buta warna keseluruhan, sementara buta warna sebagian (parsial) diperbolehkan;



Pesen dari kami, kakak KMPP-UGM adalah agar adek-adek calon mahasiswa baru UGM bisa mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan yang nantinya akan menjadi masa depan kalian semua. Pertimbangkan antara daya tampung, capaian nilai (untuk jalur snmptn undangan), kemampuan masing-masing (untuk jalur sbmptn dan UM), prospek kerja di masa mendatang, cita-cita yang dimimpiin terus, dan gak lupa pertimbangkan juga passion atau minat kalian di jurusan itu. Pikirkan semua itu bener-bener.

Tidak sedikit dari kakak-kakak kelas kalian yang akhirnya nyesel sama pilihan jurusannya karena satu dua alesan. Yang paling umum tentu kita bakalan ngerasa amat kecewa kalo pas pengumuman penerimaan, kita dinyatakan gak ketrima karena nilai yang kurang memenuhi atau lebih nyesek lagi kalau kehabisan daya tampung.

Tapi selain yang gak ketrima, ada juga yang nyesel pas udah dua tiga taun kuliah. Jadi dia diterima di jurusan yang dia mau, tapi ternyata setelah dipikir ulang, itu pilihan jurusan yang salah, dia sama sekali tidak memiliki passion dalam jurusan itu, dia SALAH JURUSAN, dan akhirnya IPK yang keluar juga pas-pasan.

Kuliah itu, percaya deh, beda banget sama SMA. Dimana ketika sekolah dulu kita bisa aja kepaksa ngerjain tugas, atau kadang ogah-ogahan dalam mata pelajaran tertentu karena kita gak suka aja sama gurunya pelajarannya. Kalo kuliah itu kalian harus wajib suka sama mata kuliahnya. Gak ada istilah "aku gak suka ini, aku sukanya sama yang itu." Semua harus suka, semua harus passion, gak ada penyesalan datang di akhir, salah siapa milih jurusan itu. Tolong ya, jangan pilih jurusan karena dosennya cakep level prestisnya. Pilihlah yang paling sesuai dengan semua poin tadi, yakni daya tampung, capaian nilai, kemampuan, prospek kerja, cita-cita, dan passion yang paling penting.


Salam sukses dari kami,         

 

463 komentar:

  1. ka, kalo jurusan arkeologi ugm maksud.y daya tampung 33 itu 1 kursi di perebutkan oleh 33 org atau gimana? saya kebetulan kelas 3 sma jurusan ips, tertarik untuk masuk arkeologi ugm kira kira nilai matapelajaran apa yg harus lebih di tonjolkan? lalu lapangan pekerjaan untuk arkeologi dimana dan apa saja?

    terimakasih

    BalasHapus
  2. wah maaf ya dek, telat taunya kalo ada yang komen -_- hmm daya tampung itu maksudnya jumlah mahasiswa yang bisa diterima di jurusan itu pada PMB 2013 nanti, ya kata lainnya itu kuota kursinya.. jadi semisal yang daftar jurusan itu ada 1000 anak, maka 33 anak terbaik dari 1000 pendaftar itulah yang akan diterima di jurusan tersebut.. mata pelajaran, itu gak begitu penting kok, soalnya nanti di kuliah kamu akan dapet materi bersangkutan dari nol, jadi yang penting kamu bisa baca tulis dan berhitung aja cukup.. buat prospek kerjanya, aku kurang tau sih, soalnya aku bukan yang jurusan itu, coba tanya aja di grup facebook ya, UGM, Siapa Takut? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaak mau nanya thn lalu jurusan filsafat peminat dan yg diterima brp?

      Hapus
  3. aku pasti bisaaaa :D

    BalasHapus
  4. wah namanya siapa nih? jangan pake alias/anonymous dong, kalo kita gak kenal mana bisa ikutan doain? :p

    BalasHapus
  5. kak,sya mau nanya nih, kalau mau msk gizi kesehatan yg dipertimbangkan itu dr nilai rapot atau dr nilai tes msknya? terus kalau misalny pakai nilai rapot,rata" nya hrs brp ya?

    BalasHapus
  6. maaf juga dek yang ini, komennya masih pending jadi gatau ada yang nanya soalnya belum diapprove -_- hmm, maksudnya nilai rapot sama nilai tes masuk itu gimana? jalur apa ya dek hehe? terus kalo nilai harus berapa itu kita gak tau pastinya dek, itu yang seleksi kan panitia pusat, jadi kita gak tau.. kamu mending baca artikel lain di blog ini, tentang jalur masuk program sarjana/diploma.. disitu ada keterangan masing-masing jalur masuknya kayak gimana.. ok? :)

    BalasHapus
  7. KALAU MAU LIHAT kapan waktu pendaftaran nya alamat website nya apa ya kak ?
    thanks.

    BalasHapus
  8. waktu pendaftaran yang jalur apa ya dek? tolong diperjelas lagi pertanyaannya, termasuk apakah itu program sarjana atau diploma/sv.. untuk detail setiap jalur yang tersedia untuk masing-masing program, sudah ada postnya adek, silahkan dicari aja artikel di blog ini tentang info yang bersangkutan..

    BalasHapus
  9. kak, kan UGM menerima dari beberapa jalur, nah persentase nya tiap jalur masuk UGM tau ga kak?, seperti contoh SNMPTN 40%, UM 20% dan SBMPTN 40%, atau seperti apa. mohon infonya, trimakasih. :)

    BalasHapus
  10. kak, mu nanya, ne. kalau jalur penelusuran bibit unggul kemitraan UGM , itu ada pake tes lagi,gak kak?

    BalasHapus
  11. @taufiq setiadi, insyallah begini rinciannya, untuk SNMPTN (undangan) disediakan 50%, lalu SBMPTN (ujian tulis) 30%, dan sisanya 20% untuk jalur UM (ujian mandiri), demikian.

    @nurdina, maaf itu untuk yang sarjana/s1 atau yang sekolah vokasi/d3 ya? soalnya masing2 punya jalur penelusuran bibit unggul kemitraan. silahkan dibaca di posting untuk informasi jalur masuknya, sudah ada di website ini, demikian.

    BalasHapus
  12. kak kalau seleksi PBUTM gimana? linknya belum ada jadi belum tau infonya lebih lengkap. trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saat ini linknya belum tersedia, berarti prosedur pendaftaran akan ditentukan kemudian, ditunggu aja dek :)

      Hapus
    2. kak jurusan pemuliaan tanaman dan agronomi peminatnya banyak tdk? kok menampung cuma sedikit ?

      Hapus
    3. hmm, banyak sedikitnya jumlah itu kan opini ya, kita takut kalo bilang banyak kamu jadi takut daftar, kalo bilang sedikit kamu jadi terlalu berharap banyak. kita kasih rekap data pendaftar tahun 2012 kemaren aja ya.

      pemuliaan tanaman,
      undangan = peminat 81, diterima 16
      ujian tertulis = peminat 70, diterima 15

      agronomi,
      undangan = peminat 193, diterima 20
      ujian tertulis = peminat 180, diterima 20

      demikian semoga membantu :)

      Hapus
    4. Kak,,, tanya,, utk jurusan Biologi tahun lalu peminatnya dan yg diterima ada brp ?

      Hapus
    5. biologi tahun 2012 ya ::

      SNMPTN undangan = daftar 815, diterima 109
      SNMPTN ujian tertulis = daftar 708, diterima 120

      demikian semoga membantu :)

      Hapus
    6. Kalau agribisnis sama kmunikasi dan penyuluhan pertanian yg berminat dan yg diterima thn 2012 ada brp kak ?
      maaf bnyak tnya :))

      Hapus
  13. kak aku mau masuk teknik nuklir, trus nilai nyang harus baik apa saja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknis seleksi hanya panitia yang tahu, kita disini cuma ngasih informasi prosedur pendaftarannya saja, demikian :)

      Hapus
  14. Mau tanya
    khusus untuk jurusan sastra perancis tahun lalu jumlah kursi dan peminatnya ada berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sastra perancis tahun 2012, untuk jalur snmptn undangan peminatnya 122, yang diterima 11. kemudian untuk jalur snmptn ujian tertulis peminatnya 139, yang diterima 20, demikian :)

      Hapus
  15. Jurusan bahasa korea bnyak yg minat? Pas snmptn nya soal2 umum ga ada tntng bahasa koreanya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurusan bahasa/sastra asing selain inggris itu biasanya yang minat sedikit, jadi peluangnya diterima sangat besar. terus snmptn itu undangan ya dek, jadi gak pake ujian/soal. kalo yang pake soal seperti sbmptn dan ujian mandiri, soal2nya umum kok dek, ya matematika, bahasa, dan ilmu pengetahuan. gak ada soal yang pake bahasa korea, hahaha. kalo nanti kuliahnya, baru pasti dapet. :)

      Hapus
  16. assalamualaikum,kalau boleh tahu kapan mulai tgl dan bln brp dibuka pendaftaran mahasiswa baru tuk fakultas pertanian jurusan komunikasi penyuluhan pertanian UGM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumus salam, ngomong2 adek ada hubungan apa dengan hotman paris hutapea? wkwkw, becanda.. hmm, jadwal pendaftaran semua jurusan di semua fakultas di ugm semuanya sama, menyesuaikan dengan jalur masuknya, kamu mau masuk lewat jalur yang mana? snmptn sudah berlangsung sampai tahap memasukkan berkas.. sbmptn belum dibuka pendaftaran (mulai tanggal 13 mei) jadi masih lama, terus tatacaranya baru diumumkan dan bisa di download petunjuknya mulai tanggal 20 april besok.. kalo yang ujian mandiri itu seleksinya dilaksanakan setelah sbmptn, jadi masih lebih lama lagi.. demikian.. :)

      Hapus
  17. Kak, aku insyaallah mau ikut SBMPTN. Mau ambil sastra arab dan sastra jepang UGM. Kira-kira persaingannya lebih susah yang mana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira kira? hmm, kita gak tau pastinya dek, tapi kalo kamu tanya kira kiranya doang ya, menurut kita sih lebih mudah masuk sastra arab, soalnya peminatnya lebih sedikit dibanding sastra jepang, tapi daya tampungnya lebih banyak dibanding sastra jepang, demikian :)

      Hapus
  18. kak mau nanya ni, nilai UN 2013 pengaruh nggak terhadap snmpt 2013 di UGM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo snmptn undangan sepertinya agak pengaruh dikit, tapi ngga ngerti juga sih, coba kamu tanya panitianya sendiri ya, soalnya setau kami mekanisme seleksi itu urusan panitianya, jadi taunya kita cuma ngasih apa yang mereka minta, dan di tanggal yang disepakati kita bakal dikasih hasil berupa pengumuman penerimaan, udah gitu doang. jadi yang harus kamu lakuin untuk saat ini ya banyak-banyakin berdoa aja, toh ujian nasional kan udah lewat. semoga berhasil ya, demikian :)

      Hapus
  19. kak mau nanyak kapan yah kira* pendaftaran nya dibuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, ini pertanyaan yang harusnya udah bisa kamu cari sendiri jawabannya di web ini. kami udah posting soal itu, per program dan per jalur masuk. selain itu kita juga udah cerita banyak tentang prosedur pendaftaran yang ditentukan dari ugm. jadi mestinya kamu bisa nyari sendiri sih, tapi kalo kamu anaknya agak manja gitu, okelah, sebagai kakak yang baik hati, bakal kita jawab disini pertanyaanmu. sekarang kamu perjelas dulu pertanyaannya, biar kita gak salah jawab. pendaftaran yang kamu maksud ini pendaftaran untuk program apa? sarjana atau diploma/sekolah vokasi? terus jalur masuknya lewat apa nih? kalo sarjana mau lewat SNMPTN, SBMPTN, atau UM? kalo diploma mau lewat jalur PBU atau UTUL? tolong diperjelas pertanyaannya ya, demikian :)

      Hapus
  20. kak, anak ips bisa g ke keperawatan ugm ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kalo kamu beruntung. katakanlah kamu punya background kesehatan, atau orang tua kamu dokter besar, atau kamu punya keterampilan khusus bidang keperawatan tapi kamu salah jurusan masuk ips bukan ipa, atau emang dasarnya kamu beruntung aja sih. kita gak tau ya bakalan mau gimana mereka memproses berkas pendaftaran kamu, yang jelas dari jurusan ips bisa mendaftar ke jurusan ipa lewat jalur ipc, demikian :)

      Hapus
  21. kak kalau buta warna parsial , fakultas yang memperbolehkan apa aja ya, ?kalau kedokteran itu ada keterangannya 5 ,boleh tidak berarti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu buta warna parsial? atau cuma iseng nanya aja? anyway atau anyhow, kamu bisa liat sendiri tuh di tabel yang kita kasih, data itu valid dari ugm, jadi kita gak akan boongin kamu, tenang aja. kalo buta warna parsial, itu termasuk yang syarat nomer (5), nah kamu cari aja tuh semua jurusan yang ada angka (5)nya, jurusan-jurusan itu memperbolehkan pendaftar yang memiliki kelainan buta warna parsial, demikian :)

      Hapus
  22. kak mau tanya,kalau gizi kesehatan biasanya apa yang dielajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh dek, tolong kalo nanya tu pertanyaan yang agak umum dong, kalo spesifik gini kita gak bisa jawab, apalagi kakak admin juga bukan dari jurusan itu. saran dari kami ya kamu bisa iseng kepoin kakak kelasmu atau siapapun yang kamu kenali, yang masuk di jurusan ini, terus tanyain aja dia sepuasmu, sampe dia akhirnya bilang "udah deh, kamu masuk aja, ntar juga tau", nah itu artinya pertanyaanmu udah terlalu spesifik sampe bahkan dia aja bingung mau jawab gimana. tapi anyway, kalo kamu masih tetep maksa kita yang jawab ini, yaudah kita berusaha jawab semampu kita deh ya. hmm, kalo menurut kakak admin, gizi kesehatan itu yang dipelajari biasanya tentang gizi, dan tentang kesehatan. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  23. kalo mau masuk peternakan syaratnya apa?????/
    harus dari jurusan ipa gak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo syaratnya, secara umum kamu penuhin aja apa yang diminta panitia pendaftaran sesuai jalur masukmu. secara spesifik kita gak tau, kamu bisa nyari itu di website fakultasnya. terus kalo asal jurusan, gak harus kok. fakultas peternakan bisa dimasuki dari jurusan ipa/ips dengan ambil ipc bagi yang lintas jurusan. lalu mengenai informasi tambahan, nih kita kasih website resmi dari fakultas peternakan ugm, demikian semoga membantu :)

      Website Resmi Fakultas Peternakan UGM,
      http://fapet.ugm.ac.id/

      Hapus
    2. ok
      makasih......
      semoga aku bisa diterima di ugm jurusan peternakan

      Hapus
    3. sama sama, iya amin, semoga dilancarkan di segala urusan :)

      Hapus
  24. Langsung saja ya kak :D
    Setiap tahun Quota Per Jurusan apa berubah ubah ?
    Kalau Jurusan yang Sangkut paut nya tentang sejarah itu apa Ilmu Sejarah Di Fakultas ilmu Budaya itu ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang harusnya langsung, emang mau balap karung dulu -_- hmm, perubahan kuota per jurusan itu gak ada jadwalnya mau pertahun atau berapa tahun sekali. itu permintaan dari fakultas, kalo ada permintaan pengurangan atau penambahan quota, fakultas ngirim surat lewat dekan buat disampein ke direktorat administrasi akademik dengan tembusan kantor rektorat pusat. jadi kita gak tau mau berubah tiap tahun atau mau sepuluh tahun sekali biar greget, itu bukan urusan kita.
      terus soal jurusan sejarah itu, ya benar, jurusan ilmu sejarah itu dimasukkan ke fakultas ilmu budaya.
      demikian semoga membantu :)

      Hapus
    2. Oo terimakasih kak . kan kalau nggak langsung bisa bisa nulis coment 1 halaman deh :D

      Hapus
    3. silahkan saja kalo berkenan menuliskannya :)

      Hapus
  25. kak , jika kita dari jurusan IPA trus pas snmptn undangan mau ambil jurusan bahasa korea bisa apa gak?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, lintas jurusan diperbolehkan.
      demikian :)

      Hapus
  26. kak mau tanya donk.,.
    kalo kita jurusan IPA,,terus jalur tulisnya mau nyari PSIKOLOGI bisa gak ??????
    terus soal" apa aja yg perlu disiapkan untuk menghadapi SNMPTN jalur tulisnya jurusan psikologi ????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, pertama kita kasitau kalo tahun 2013 ini snmptn itu undangan, sedangkan untuk tes tertulis lewatnya sbmptn. terus kalo dari ipa, mendaftar ke psikologi diperbolehkan. kemudian pertanyaan terakhir tentang persiapan soal-soal, kamu harus nyiapin semuanya, untuk tes tertulis kamu nyiapinnya TPA, MaDas, bahasa Indo/Inggris, sama kemampuan IPA/IPS/IPC. dan satu lagi informasi kalo semua jurusan dapet soal yang sama di tes tertulis, yang dinilai adalah keseluruhan jawaban benar dan salah dibandingkan dengan kriteria minimal yang ditentukan oleh fakultas, jadi gak ada spesifikasi soal ini untuk jurusan ini, dsb. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  27. Kak, jurusan S1 bahasa korea jalur snmptn pendaftarannya kapan ya? apakah saya sudah terlambat? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jurusan mendaftar di periode yang sama sebagaimana ditentukan oleh panitia seleksi, jadi semuanya jadi satu, jurusan apapun, menyesuaikan dengan agenda panitia seleksi.

      untuk snmptn undangan, periode pendaftaran berakhir pada tanggal 8 maret 2013 kemarin, jadi terlambatnya udah jauh banget dek, aduh, sekolahmu nggak ngasih tau apa gimana gitu? tapi ya udahlah, kamu masih bisa masuk lewat jalur sbmptn atau lewat ujian mandiri, demikian :)

      Hapus
    2. ujiannya apa aja kak yg di ujikan untuk sbmptn dan um? apa kyk bhs indo, matematika, ipa, ips ato yg bagaimana kak? itu kapan ujiannya di adakan?

      Hapus
    3. untuk sbmptn ujiannya seperti apa yang kamu pelajari biasanya di sekolah. soal-soal yang diujikan adalah tes potensi akademik, matematika dasar, bahasa inggris dan indonesia, serta kemampuan ipa/ips/ipc. pelaksanaan ujian ini akan diumumkan per tanggal 30 April 2013 besok, lalu untuk pendaftarannya dimulai tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB. informasi lebih lanjut dapat diakses di website resmi panitia sbmptn pusat yaitu di www.sbmptn.or.id

      untuk ujian mandiri, teknis pelaksaannya berikut prosedur pendafaran akan diumumkan setelah pelaksaan tes tertulis sbmptn, informasi pasti mengenai tanggalnya akan ditentukan kemudian, jadi masih belum diagendakan dari universitas, demikian yang tertulis di website resmi UGM terkait penerimaan mahasiswa baru 2013, semoga membantu :)

      Hapus
  28. kak, aku denger kabar katanya kalo snmptn undangan harus sama kaya jurusan di sma nya. nah, itu berlaku juga di ugm atau gag? . di jawab ya kak. makasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya aku jawab, maksa ih :p hmm, snmptn itu kan sifatnya nasional kan, namanya aja seleksi nasional, artinya peraturan yang ditentukan dari pusat akan berlaku ke semua universitas negeri yang mengikuti program pemerintah ini, demikian halnya ugm karena seperti yang kita tahu, ugm buka jalur snmptn juga. nah kalo kamu denger-dengernya gitu, dipastiin dulu kamu dengernya darimana, dan apakah kabar itu benar adanya? jika memang benar, berarti ugm juga akan tunduk pada peraturan yang ditentukan panitia pusat tersebut. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  29. Kak, ilmu pemerintahan peminatnya ada berapa? Dan diterima berapa mahasiswa?
    Jawab ya kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa adeek -_- hmm, untuk tahun 2012 kemaren yang hanya membuka dua jalur masuk untuk S1 yaitu undangan dan ujian tulis, untuk jurusan ilmu pemerintahan tercatat di fakultas sebagai berikut :

      snmptn undangan -> daftar 899 orang, diterima 39
      snmptn tertulis -> daftar 774 orang, diterima 46

      kemudian untuk tahun 2013 ini, fakultas menyediakan daya tampung sebanyak 75 kursi untuk jurusan ilmu pemerintahan. dengan kuota masing-masing jalur seperti yang kita semua sudah tau, adalah 50% untuk snmptn undangan, 30% untuk sbmptn ujian tertulis, dan 20% untuk jalur ujian mandiri. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  30. misi kak mau tanya,kalo di UGM itu ada jurusan Sistem Informasinya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dek, di ugm namanya teknologi informasi (S1) tempatnya di fakultas teknik, ini websitenya http://te.ugm.ac.id/ demikian semoga membantu :)

      Hapus
    2. oke makasih kak , trus itu mulai buka pendaftarannya kapan yaa kak ?

      Hapus
    3. pendaftaran yang jalur apa? tolong diperjelas pertanyaannya, makasih :)

      Hapus
    4. memang adanya jalur apa aja yaa kakdan tanggal berapa saja ?

      Hapus
  31. Ka mau tanya ni jadwal PMDP buat ilmu keperawatannya kapan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PMDP itu singkatan dari apa ya? jadwal dan keseluruhan detail jalur masuk UGM sudah diuraikan di salah satu posting di website ini, silahkan dipelajari dan ditanyakan yang belum paham saja, jangan menanyakan yang tidak dituliskan, demikian :)

      Hapus
  32. amirilia indayati30 April 2013 08.37

    ka,jurusan khusus untuk perkebunan ada atau gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke pertanian kali ya, aduh kita juga gak tau soal ini, coba kamu cek sendiri di websitenya. ini kita kasih linknya. ini fakultas pertanian http://www.faperta.ugm.ac.id/ kalo yang ini fakultas teknologi pertanian http://www.tp.ugm.ac.id/ demikian semoga membantu :)

      Hapus
  33. kak mau tanya ni peminat pariwisata sm jpang bnyk gk ya bwt jalur SNMPTN SBMPTN sm UTUL ? terus daya tampung semua itu brp ? oh ya kak setau kakak tu seleksinya dilihat dr jurusan waktu SMA sama prodi yg dipilih nggk sih ? aku kan jurusan bahasa menurut kakak peluangnya besar nggk masuk SNMPTN b.jpang sm pariwisata ? maaf ya kak klo agak spesifik :3 mkasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimaafkan :) sekali lagi kita mau bilang kalo banyak ato sedikit itu kan opini banget ya, dan sifatnya relatif, jadi kita gak akan mengatakan itu dengan pertimbangan jawaban kita nanti bisa mempengaruhi minat kamu untuk mendaftar. artinya gini ya, kalo kita bilang banyak, nanti takutnya kamu gak jadi daftar karena takut kalah saing. terus kalo kita bilang sedikit, takutnya kamu jadi terlalu berharap banyak. ya kalo keterima syukurlah, kalo engga. jadi untuk banyak ato sedikit kita serahin ke kamu aja supaya dicari lagi menurut preferensi banyak sedikitmu. :)

      daya tampungnya sudah dituliskan di tabel diatas, itu adalah daya tampung dari jurusan tersebut di semua jalur. silahkan dicek sendiri lagi, kemudian untuk rincian batasan kuotanya adalah 50% dari SNMPTN, 30% dari SBMPTN, dan sisanya 20% dari UM. :)

      lalu untuk mekanisme seleksi apakah mempertimbangkan jurusan waktu SMA, atau seperti kriteria lain apa saja yang dipertimbangkan, kita gak tau, singkatnya saja UGM pasti memiliki definisi "yang terbaik" sendiri, jadi kita gak mau ikut campur urusan panitia. kamu tunggu aja pengumumannya, kalo diterima yaudah, kalo gak yaudah. :)

      kalo jurusan bahasa, ini jawabanku lho ya, bukan jawaban UGM, hmm, harusnya sih peluangnya lebih besar, karena kita tahu, yang utama dibutuhkan di pariwisata/bahasa jepang, itu kan pendidikan bahasanya. :)

      demikian semoga membantu. :)

      Hapus
  34. Assalammualaikum kakak2 yang cantik dan ganteng. mau tanya nih, boleh kan? boleh dong ya? kalo gak boleh juga saya tetap nanya kok. hahahaha... jayus ya? untuk Hubungan Internasiona, Bahasa Jepang atau Ilmu Komunikasi terima transferan D3 ke S1 gak? saya lulusan Perjalanan Wisata di STP AMPTA. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik nih dikata ganteng. ah engga jayus kok, ciyus deh, apalagi waktu bilang ganteng itu, kita dengan hati yang tegar, mau menerima pujian apapun bentuknya. :3

      D3 selain dari UGM, diperbolehkan alih jalur ke jenjang S1 di UGM, yang tidak boleh adalah yang D3 di UGM, kemudian ambil S1 di UGM, begitu. :)

      untuk ilmu HI, kamu bisa kontak aku langsung aja kalo mau nanya2 secara personal, karena aku juga dari HI UGM. kontaknya ada di situs ini, cari saja.

      demikian semoga membantu :)

      Hapus
  35. boleh tanya gak? peminat jurusan fisika teknik tahun in ad berapa ya? tolong infonya< makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu bisa membaca jawaban untuk pertanyaan ini di antara komentar-komentar lain yang sudah dijawab sebelumnya. terima kasih sudah bertanya. demikian :)

      Hapus
  36. bedanya jurusan Fisika Teknik dan Teknik Nuklir apa? Prospek kerja yang paling bagus apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya? ya kalo teknik nuklir itu cuma membahas ilmu fisika (atau mungkin kimia juga) yang membahas ruang lingkup nuklir saja. sedangkan fisika teknik mempelajari fisika yang lebih umum lagi, lebih luas cakupannya. sekiranya gitu deh, kita ngga ngerti juga kalo pertanyaannya ginian. kamu masuk aja, ntar juga tau sendiri kayak gimana :)

      Hapus
  37. Kak ilmu sosiatri peminatnya brp? dan yg diterima brp? prospek kerjanya gmn? tolong kak infonya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. peminatnya ya gak tau lah, kita cuma mahasiswa disini, bukan staff rektorat. kalo tahun 2012 lalu, ada 384 di jalur undangan dan diterima 30, untuk jalur ujian tertulis ada 561 dan diterima 55. untuk tahun 2013 ini, fakultas hanya menyediakan daya tampung sosiatri sebanyak 76 untuk semua jalur masuk. dengan rincian 50% SNMPTN undangan, 30% SBMPTN, dan sisanya 20% adalah jalur ujian mandiri. demikian semoga membantu. :)

      Hapus
  38. kak mau nanya prosedur pendaftaran jalur sbmptn gmana ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ini pertanyaan mendasar yah, oke gini aja, saat ini kita kasih link website panitia resminya, kamu baca disitu tentang gimana prosedur pendaftarannya. nanti kalo sempet kita bikin posting tentang ini. websitenya di www.sbmptn.or.id

      Hapus
  39. kak, jumlah peminat untuk jurusan elektronika dan instrumentasi tahun 2013 jalur snmptn berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan becanda dek, kita gak tau lah, kita bukan panitia. kita itu cuma mahasiswa dalam satu organisasi kekeluargaan yang bagi bagi informasi ke calon mahasiswa baru UGM mengenai jalur seleksi, informasi fakultas/jurusan, atau informasi seputar keUGMan lainnya. kita gak tau apapa soal peminat ini sebelum diumumkan dari UGM data rekapitulasinya tahun depan. jadi kalo kamu nanya tahun 2012, kita bisa jawab sekarang. atau kalo kamu pengen jawaban untuk yang tahun 2013 ini, kita bakal jawab itu tahun 2014 besok. maaf tapi memang demikian adanya. terima kasih sudah bertanya. :)

      Hapus
  40. Mau nnya kak
    kalau kita masuk lwat jalur SMPTN dan SBMPT tu kan ada bidik misi nya.
    Kalau ikut jalur UM nya apa ada jga kak?
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu bisa lewat jalur PBUTM atau PBUK untuk yang istilahnya "dibiayai" informasi mengenai detail jalur itu bisa dibaca di salah satu posting di website ini, demikian :)

      Hapus
  41. maaf kak mau nanya ..
    aku pgen daftar di teknik kimia ma teknologi pendftaran,,,kira2 peminantnya banyak yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu liat aja akreditasi sama daya tampungnya. semakin tinggi akreditasinya maka jelas semakin banyak peminatnya, itu juga kamu udah tau kan? nah kemudian kalo dua jurusan yang dibandingkan akreditasinya sama, kamu bisa liat daya tampungnya, semakin sedikit daya tampungnya, itu biasanya peminatnya justru semakin banyak. sebaliknya, jurusan yang daya tampungnya banyak itu biasanya peminatnya sedikit. jadi justru berbanding terbalik. tapi itu biasanya ya, jangan terlalu dipikirkan, kamu fokus aja sama tesnya. demikian semoga membantu :)

      Hapus
  42. kak mau tanya selain seleksi sbmptn sama snmptn, jalur mandiri gak ada ya kak?? kalo keperawatan gigi itu disana banyak peminatnya apa gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, ujian mandiri ada. kamu bisa cari informasinya di salah satu posting di situs ini. lalu untuk pertanyaan kedua, ini pertanyaan yang paling banyak ditanyakan di sebagian besar komentar disini.

      jadi sekali lagi banyak atau sedikit itu selain kita gak tau pastinya sejumlah berapa, klaim banyak atau sedikit itu juga opini banget dan sifatnya sangat relatif. kita takut jawaban kita nanti bakal mempengaruhi keputusanmu untuk mendaftar. kalo kita bilang banyak, takutnya kamu malah gak jadi daftar karena takut kalah saing. sebaliknya kalo kita bilang sedikit, kamu malah jadi kepedean bakal keterima dan terlalu banyak berharap. iya kalo keterima syukurlah, kalo engga gimana? makanya banyak atau sedikitnya itu silahkan ditentukan sendiri menurut preferensi banyak sedikitmu. demikian semoga membantu :)

      Hapus
    2. assalamualaikum kak ..
      saya renita dewi bru kelas XI IPA ,, saya ingin tanya, dari 7 angkatan kakak2 kelas saya kan belum ada yg menjadi mahasiswa UGM, apalagi untuk jurusan pendidikan Dokter maupun Matematika seperti apa yg saya inginkan,, apakah memungkinkan bagi saya untuk thun depan, juga apakah UGM lebih memprioritaskan yg di daerah Jabodetabek sedangkan saya dari Palembang? terima kasih,, wassalam..

      Hapus
  43. Kak, kalau dari IPA mau ambil jurusan IPS di UGM (ke ilmu komunikasi), kira2 hambatannya apa? Solusinya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hambatan pas masuknya, saya kira gak ada kok. siapapun welcome. kalo hambatan kuliahnya mungkin ada sih satu dua. misalnya waktu kamu harus ambil mata kuliah wajib yang isinya tentang politik atau sosial dasar. oke, sebelumnya kamu udah tau kan kalo ilmu komunikasi itu masuk di fakultas ilmu sosial dan politik? kalo belum tau, ini kita kasih tau :)

      tapi jangan terus ciut ya, banyak kok anak komunikasi yang dari IPA, bahkan hampir semua jurusan di fisipol sini, anak2nya justru kebanyakan lulusan IPA di SMAnya. meskipun dengan berat hati kita tetep bakal bilang kalo kamu salah jurusan. maksudku bukan jurusan kuliahnya, tapi jurusan SMAnya, kalo kamu suka ilmu sosial, ngapain gengsi ngambil IPA dulu waktu SMA? ini pasti gara-gara stereotype kan? anggapan kalo IPA lebih unggul? gak usah percaya. itu cuma perkataan orang-orang terbelakang aja. IPA-IPS itu sama aja kok, seimbang dan memang karena keduanya bukan hal yang bisa diperbandingkan, itu soal minat bakat aja sih.

      demikian semoga membantu :)

      Hapus
  44. --PENGUMUMAN-- yah buat semuanya, dengan banyaknya pertanyaan yang masuk, kami tidak akan menjawab semua satu persatu mulai hari ini.

    Kemudian mengenai kriteria pertanyaan yang akan diabaikan, yang utama adalah penanya yang menggunakan ID anonim, tolong bagi penanya untuk seminimal mungkin menuliskan namanya, atau lebih disarankan lagi untuk menggunakan akun google/blogger. Pertanyaan anonymous tidak akan mendapat respon lanjutan.

    Lalu yang kedua adalah pertanyaan yang jawabannya sudah dicantumkan di website ini. Apa yang ingin kita katakan adalah kalian harus mandiri dan jangan hanya bertanya. Coba cari dulu, kalo gak ketemu, atau ketemu tapi bingung, baru ajukan pertanyaan, dan harus jelas apa yang mau ditanyakan.

    Demikian semoga memaklumi.

    -- KMPP UGM --

    BalasHapus
  45. kak mau nanya kira2 ugm buka jalur mandiri ngak ?
    kalau bka apa saja persyaratannya n tanggal brpa pembukaannya ?
    mksih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikarenakan perjanjian sebelumnya, maka pertanyaan ini tidak akan kita jawab. terima kasih sudah bertanya. :)

      Hapus
  46. kalo jurusan administrasi negara pendaftaran & ujian masuknya tanggal brp? mohon infonya..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jurusan jadwalnya sama, menyesuaikan dengan jalur masuk yang kamu pilih, informasi sudah ada postingnya di web ini, demikian semoga membantu :)

      Hapus
  47. kak, teknik fisika dan teknik nuklir lebih susah mana di tembus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ini kita gak yakin ya mau jawab gimana, ini kan opini banget ya, dan sifatnya relatif, kita takut jawaban yang kita kasih bisa mempengaruhi keputusanmu. coba aja dua duanya deh, terus berdoa yang kenceng, satu yang keterima nah itulah jalan takdirmu, ok? ;)

      Hapus
  48. Ka kalo dari TKJ ke Teknologi Informasi bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyallah bisa, teknik komputer dan jaringan kan maksudmu?

      Hapus
    2. iya Teknik Komputer Jaringan

      Hapus
  49. Kak, tolong kasih data calon mahasiswa Teknik Nuklir Tahun 2012 jalur undangan. jumlah peminat & jumlah yang diterima ya kak.
    Terus kalo pengen masuk Teknik Nuklir itu ada batasan umurnya nggak? kalo ada berapa?
    Terima Kasih .

    BalasHapus
  50. Subhanallah blognya kmmp super sekali , sangat bermanfaat . stay menulis . kalo boleh tau siapa adminya :D hehe? adminya blogger sejati ya . Salam blogger gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih banget ya, kita terharu loh :'3
      gak sejati juga, just blogger, haha.
      ngomong2 itu kmpp ya, bukan kmmp, wkwkw.
      kolom adminnya udah ada tuh dibawah, salam kenal juga :)

      Hapus
  51. masih bingung diantara dua pilihan, F kehutanan dan F Farmasi :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo gitu segera diputuskan ya, soalnya dunia ini gak cuma nunggu kamu kalo mau jalan, jadi kalo gak buruan bangun, kamu bisa ketinggalan, semoga dimudahkan ya jalannya :)

      Hapus
  52. mau tanya ka, kl pendaftaran FE UGM D3 kapan? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi per jalur masuk sudah ada postingnya adek, silahkan dicari sendiri ya, terima kasih :)

      Hapus
  53. dari jurusan ipa mau ambil bahas inggris harus lintas (pilih ipc) kah ?
    thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya gak juga, soalnya jurusan bahasa masuk ke fakultas ilmu budaya. coba kamu cek di daftar jurusan menurut kelompoknya, apakah termasuk studi Sains dan Teknologi (Saintek) atau masuk ke studi Sosial dan Humaniora (Soshum), dan yang kita omongin ini jalur SBMPTN kan? jadi demikian. :)

      Hapus
  54. Siang kak, saya mau tanya kalo tahun 2012 kmrn jumlah peminat dan yg diterima untuk jurusan akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi dan pariwisata brp ya? Thx before :)

    BalasHapus
  55. ini data sarjana dek

    http://akademik.ugm.ac.id/2012/?menu=statistik&act=statistik_sarjana_2012

    ini data sekolah vokasi

    http://akademik.ugm.ac.id/2012/?menu=statistik&act=statistik_diploma_2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. finally, ada yang mau bantuin jawab adek adek yang imut imut ini :'3

      Hapus
  56. kak, aku mau tanya nih.. klo fakultas psikologi itu sbenernya lebih ke jurusan IPA atau IPS sih? aku bentar lg mau klas 2.. tapi masih bingung mau msuk IPA atau IPS. tapi aku mantap bnget mau msuk psikologi di universitas nanti. mohon petunjuk nya ya(?) hehe.. trus, utk jalur undangan sndiri di yg fakultas psikologi lebih di utamain atau biasanya lebih bnyak di dapet sama anak IPA atau IPS di SMAnya? thank you^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. psikologi di UGM masuk ke dalam 5 jurusan favorit IPS, kita sebutin semuanya ya, jurusan favorit IPS di UGM untuk sarjana : akuntansi, manajemen, psikologi, HI, dan komunikasi. silahkan memilih jurusan yang sesuai sama minat bakat dan hasrat. semoga berhasil ya. :)

      Hapus
    2. kak mau tanya kalau misalnya kita masuk ipa terus mau masuk psikologi kira2 ada hambatan yang kira2 bisa bikin kita kelempar dan akhirnya gk masuk psikologi gak yaa? tlg jawab ya kak. hehe makasihh

      Hapus
  57. kak, kabarnya sastra nusantara di ugm gimana ?
    saya buka website.nya kok belum update ya ?
    saya ingin masuk ke jurusan itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apalagi aku dek, aku kan bukan dari jurusan itu. kalo websitenya aja gak update, gimana kita mau kasih kabar. yang jelas jurusan ini masih dibuka buat mahasiswa baru 2013, cuma itu info yang kita tahu. yang tabah ya. demikian :)

      Hapus
  58. mau tanya, kalau ingin masuk di fakultas kesehatan masy. jurusan ners apakah harus lewat jalur IPA? ?trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali lagi kita gak menjawab penanya anonim, makasih udah nanya :)

      Hapus
  59. Kak.. Mau nanya..
    Tahun ini kn ugm pake sistem UKT yg di bayar hanya pas semesteran doang, kira-kira biaya kuliah untk jurusan Tehnik sipil n Akutansi brapaan yah? Klo mau dapat beasiswa dr ugm caranya bgaimana yah kak? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul. jadi sistem baru ini sebenernya sama aja, bahkan kalo ditotal justru lebih mahal dari sistem yang ada sumbangan SPMA nya. secara akuntansi lebih mahal, tapi secara ekonomi aslinya lebih murah, karena sumbangan itu tetap ada, tapi dibagi rata ke dalam semester studi. jadi gak ada sumbangan awal, tapi biaya per semester jadi lebih mahal. begitu.

      terus soal perkiraan biaya, kita gak tau. soalnya detail uang kuliah belum diumumkan dari ugm. demikian semoga membantu :)

      Hapus
    2. oh iya soal beasiswa, itu nanti gampang kamu bisa nyari kalo udah masuk. tawaran beasiswa buat anak UGM itu dateng melimpah dari manamana, tinggal milih, santai aja. :)

      Hapus
  60. kak aku anak ipa, tp pgn masuk sastra jepang, ambil.a harus ipc ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya demikian :)
      ada lagi yang mau ditanyakan?

      Hapus
  61. ka admin, kalo jurusan kehutanan itu bneran buta warna parsialnya boleh?

    BalasHapus
  62. ka boleh tanya tentang jurusan pembangunan wilayah kira2 peminat dan peluang keterimanya besar ya ga ka?
    trus prospek kerjanya?

    BalasHapus
  63. d3 ugm itu bagus gak sih, kok banyak yg diterima. temenku yg nilainya gak begitu baik kok juga diterima. tolong ditanggapi. thx

    BalasHapus
  64. kak jurusan sosiatri itu kriteria masuknya gmana kak... peminatnya banyak gk....

    BalasHapus
  65. assalam....
    nama saya Ahmad Bushaeri, maaf saya pk accont google ibu saya
    saya mau tanya tentang registrasi setelah di terima di UGM melalui jalur SNMPTN, ap saja yg harus dibawa/ dipenuhi saat registrasi tgl 18-19 juni 2013 nanti,mohon di jawab ea kak !!!!
    makasih.......

    BalasHapus
  66. assalam....
    nama saya Ahmad Bushaeri, maaf saya ngirim 2-2.an heheeee
    saya mau tanya tentang registrasi setelah di terima di UGM melalui jalur SNMPTN, ap saja yg harus dibawa/ dipenuhi saat registrasi tgl 18-19 juni 2013 nanti,mohon di jawab ea kak !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan diumumkan setelah pengumuman penerimaan. demikian.

      Hapus
    2. oh seperti itu yh
      trus di web. ap nant akan di umumkan
      dari panitia SNMPTN/Universitas itu sendiri

      Hapus
  67. Assalamualaikum, kak saya mau tanya apa saja yg harus di persiapkan kalo mau masuk ugm jurusan hubungan internasional ? Sebenarnya saya sih saya masih kelas sepuluh tapi apa salahnya mulai lebih dahulu, apa nih kak yg harus di persiapkan mulai dari sekarang ? Mumpung perjalanan saya masih cukup panjang, tolong di jawab ya kak, terima kasih sebelumnya, wassalamulaikum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus yang mau masuk HI UGM, bisa langsung kontak aku aja, sms atau telfon boleh. aku juga dari HI UGM. nomerku ada di kolom admin bagian bawah. demikian.

      Hapus
    2. Oke ka makasih ya, maaf kalo misalkan nanti banyak tanya soalnya saya udah klop mau masuk ugm sama jurusan itu, makasih yaa kak.

      Hapus
  68. dan sekali lagi, maaf karena kita tidak menjawab penanya dengan ID anonim. semoga dapat dimengerti. demikian, terima kasih.

    BalasHapus
  69. Jalur kemitraan FK UGM Tahun Ini masih ada ?

    BalasHapus
  70. malam kak .... saya amau tanya kalo di UGM sbmpyn 2013 nya bisa lintas jurusan ga (dari IPA ngambil IPS atau sebaliknya) tanpa harus ngambil soal IPC? mhon jawabannya
    makasih

    BalasHapus
  71. mas,jurusan pariwisata pemintanya tahun kemarin berapa??prospeknya gmana yah?

    BalasHapus
  72. kak, untuk FIb sastra perancis, pendaftarnya udah ada brpa anak?

    BalasHapus
  73. kak aku mau tanya nih apakah bila kita pilih 3 jurusan itu misalnya di UGM semua apa beanr bakalan lebih diprioritaskan yang seperti ini ?atau gak ngaruh karena penialainaya berdasarkan rangking dan nilai tes sbmptn itu sendiri ?

    BalasHapus
  74. oh ya ,,,kak gimana sih penialain SBMPTN apakah masih sama dengan tahun lalu apa ada perubahan perubahan ?thanks

    BalasHapus
  75. Kakak.. aku mau Tanyak nih :)

    aku kan skolah SMK jurusan multimedia trus mau ngambil jurusan Kedokteran di UGM. apakah itu bisa kak :)Dan kalau bisa, emangnya pakai di TES ya kak.dan berapa biaya pendaftarannya kakak :)

    BalasHapus
  76. Asih dwi nur imani22 Mei 2013 19.02

    kakak... aku Asih mau tanyak nih..?? :)

    aku kan sekolah SMK jurusan Multimedia trus aku mau masuk Kedokteran di UGM apakah bisa kakak..?? :) kalau bisa, emangnya pakai di Tes ato ndak,, dan berapa biaya pendaftarannya :)

    BalasHapus
  77. kak mau tanya kalo pendaftaran untuk d3 teknik sipil tgl berapa dan biayanya berapa..terimakish

    BalasHapus
  78. aku sekolah di smk jurusan Multimedia, di sana ada jurusan yang berhubungan sama Multimedia nggak ? berapa biaya pendaftaran dan keseluruhanya yaaa..
    aku lulus tahun depan.. aminnn..

    BalasHapus
  79. kak kalo bisa dilengkapi datanya antara daya tampung sama peminatnya masing-masing fakultas biar kita bisa melihat perbandingan antara daya tampung n peminat untuk jdi salah satu bahan pemikiran kita memilih fak/jurusan...trims ya kak

    BalasHapus
  80. ada kuliah kelas sore untuk karyawan ga ya di UGM untuk jurusan akuntansi?
    makasih

    BalasHapus
  81. hai kakak senior UGM... aq agus dri muncar-Bwi.... qw ingin tau nie kak, tentang apa aja persyaratan masuk di UGM dengan jurusan/fak HUKUM & bagaimana caranya mendaftarnya juga?????

    BalasHapus
  82. Selamat pagi, Izin ka mau tanya
    saya dari D3 keperawatan mau lanjut S1, Di UGM bisa tidak yah?

    BalasHapus
  83. kakak mau tanya dong...kalo arsitektur itu yang diutamain nilai apa yha?? atau smua nilai IPA smester 1-5? atau gimana yha? truz2 kalo farmasi itu peluang masuknya besar atau kecil?

    BalasHapus
  84. kak, mau tanya dong,,. kuota itu berarti keseluruhan y?? dar SNMPTN smpe UM??

    BalasHapus
  85. Kak buat kuota Teknik geologi dan geofisika berapa ya kak? terus berapa jumlah pndaftar dan yg ditrima di 2012 kak?

    BalasHapus
  86. kak, mau bertanya : adek kuliah D III KEPERAWAtan d kampus lain, dan mau lanjut S1 keperawatan d UGM . bisa nggak? kalo bisa tes apa saja yang akan dilewati? dan apa ajja syarat2nya..

    makasih sebelumnya,, ;-)

    BalasHapus
  87. Kak mau nanya kalo dari IPA mau daftar UM jurusan IPS(akuntansi) bisa ga ya?

    BalasHapus
  88. ka,mau nanya,Kalo dari IPA bisa ga ngambil SNMPTN undangan nya ke jurusan IPS?

    BalasHapus
  89. Kak, sy mau nanya. sy dari jurusan ipa tapi mau ngambil fak. hukum ugm. kira2 memungkinkan gak kak sy keterima? trus, kira-kira banyak gak kak teman-teman kakak yg udah kuliah hukum di ugm, tapi asal jurusannya ipa.
    trimakasih kak. mohon dijawab.

    BalasHapus
  90. ka, aku kn dari ipa,aku tertarik sama bahasa dan sastra inggris, tpi kemampuan bahasa inggris ku kurang lancar.kira2 bisa keterima gag ya,ka?
    sama kalau dibahasa dan sastra inggris itu yg dipelajari apa aja,ka? Makasih. Dijawab ya,ka..

    BalasHapus
  91. Assalamualaikum kak, mau tanya fakultas kedokteran tahun ini pendaftarnya berapa dan yang diterima berapa ?

    BalasHapus
  92. kak, mau tanya fakultas sastra inggris di UGM termasuk bagus di Indonesia tidak.?

    BalasHapus
  93. assalamu'alaikum..
    ka' mau tanya ne? kalo seumpama daftar lewat internet atau secara online ke prodi bahasa korea bisa gak ka'? soalnya aku lihat di web.nya UGM tentang prodi Korea jarang ada pemberitahuan tentang cara mendaftar,...cuma di kasih tau alamt fakultasnya saj...kira" bisa gak? kalo bisa alamatnya webnya apa? sebelum dan sesudah terima kasih.

    BalasHapus
  94. kakaaak.....! maaf. cara login ke um.ugm.ac.id bagaimana ya? password sm nomor peserta memakai yg mana? ataukah hrs buat akun dahulu? lewat mana ya? muakasih buanyak kakaaak. segera yaaaa ;)

    BalasHapus
  95. harus membayar dahulu ya untuk bisa masuk? #oya, saya mahasiswa undangan tahun 2013/2014 ini ,kakak, s1 pendidikan dokter gigi# lalu, bagaimana yang mengikuti bidikmisi ya? kata kakak saya yg jg mahasiswa ugm penerima bidikmisi, saya hrs menunggu info dari universitas tentang bidikmisi nya. lalu, kemarin siang saya ke direktorat akademik, kata beliau info bidikmisi juga ada di um.ugm.ac.id. ini gimana kakaaak? segera ya kakak.... ;)

    BalasHapus
  96. klo dftr di fakultas ilmu politik aatau hukum..
    keterima gx yah....jengkel jika gagal....

    BalasHapus
  97. apalagi jauh2 dri padng cuman ingin kuliah di ugm yg sngt di impikan waktu smk...

    BalasHapus
  98. Ka untuk biaya kuliah apakah sama antara mahasiswa yg masuk lewa snmptn sbmptn dan utul um ?

    BalasHapus
  99. kak ... bagaimana dengan tehnik arsiteltur atw tekhnologi informatika .. apakah peminatnya banyak untuk SBMPTN tahun2 lalu? masukny dilihat dri nilai rapor atw hanya nilai seleksi SBMPTN doang?? ~makasih kak

    BalasHapus
  100. kak klau mau masuk ke teknik geofisika persyaratannya apa aj dan siswa yang di terima berapa orang

    BalasHapus
  101. kalau transfer nilai dari jurusan manajemen informatika(D3) ke sastra inggris bisa gak???

    BalasHapus
  102. Kak. itu jumlah kuota keseluruhan kan? klo cuma buat ujian tulisnya(SBMPTN) brapa?

    BalasHapus
  103. ka mau nanya ? kalau mau masuk kehutanan itu harus Melalui tes atau hanya tergantung pada nilai. trims

    BalasHapus
  104. Kak, mau tanya..
    kalo ndaftar di UGM lewat jalur PBUTM, itu milihnya berapa prodi?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  105. indah amalia5 Juni 2013 18.37

    Kak , aku mau masuk ugm kehutanan kak.itu gimana ya kak? Makasih kak:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. indah amalia5 Juni 2013 18.58

      Kak saya ingin sekali masuk jurusan kehutanan ugm.apa jurusan yang mendukung ntuk lulus disana kak.maksudnya dalam sbmptn nanti mapel apa yang harus dikuasai.makasih kak

      Hapus
  106. permisi kak mau nanya. :)
    buat HI sama psikolog peminatnya dari setiap tahun banyak mana?
    buat HI berapa nilai yang harus ditarget?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  107. musiknya mengganggu!

    BalasHapus
  108. assalamu'alaikum. mau tanya kak, kalau di ugm jurusan psikologi apakah bisa dgn jalur undangan, dan kira2 brapakah rata2 yg btuhkan utk masuk ke jurusan itu?? terimakasih. mohon informasinya ya kak

    BalasHapus
  109. Maaf. mau tanya peminatnya F farmasi banyak atau tidak kak?
    Terimakasih

    BalasHapus
  110. Assalamualaikum.wr.wb
    Kak, saya mau tanya. Apa boleh jika saya di sbmptn pilih ugm tapi saya juga ikut um ugm ? Apa tidak berpengaruh trhadap seleksi sbmptn ? mohon penjelasanya, sekian trimakasih
    Wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  111. permisi numpang nanya, Jadi kalau nyari Tehnik Teknologi Informasi, boleh buta warna parsial ya ?

    BalasHapus
  112. pengen masuk fakultas MIPA jurusan matematika
    caranyz gimana?

    BalasHapus
  113. kak penelusuran bibit unggul itu minimal berapa pilihan prodi ?

    BalasHapus
  114. kk, yang teknik sipil itu harus bisa gambar?
    makasi

    BalasHapus
  115. kalo pascasarjana berpa kuotanya? sya ambil pascasarjana fisika ugm. atas jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  116. Assalam kk... Saya mw nanya, Tahun ini UGM terima program alih jalur gak dari D3 ke S1 jurusan Budidaya Perikanan. Saya dr Akademi Perikanan Sidoarjo di Jatim. Rencana mw transfer ngambil S1 budidaya perikanan. Mohon informasinya ya kk. Makasih. :D

    BalasHapus
  117. Nasrifah Fida12 Juni 2013 10.44

    Assalamualaikum kak..
    saya dari jurusan IPA, kelas 2..
    setelah lulus, saya pengen masuk fakultas Ilmu HI di UGM,kira" bisa gag ya kak lewat SNMPTN gitu ?
    trus, apa saja materi yg diujikan jika melalui tes mandiri ? *biar bisa siap" gitu kak
    ~makasih~

    BalasHapus
  118. Kak, mau tanya.
    Kalau anak IPA milih Bahasa Korea gitu boleh gak?
    -Thanks_

    BalasHapus
  119. Kak mau nanya kl diantara jurusan hukum,psikologi,sma perencanaan kota dan wilayah.. yg kemungkinan bsr diterima yg mmna ya?

    BalasHapus
  120. mf mau tnya, kak, UKT kan ada kel 1 sampai 5, itu yang menentukan calon mahasiswa bisa masuk kel 1,2,3,4,atau 5 siapa ya?

    BalasHapus
  121. pembukaan jalur mandiri kpan ya kak? tesx tgl brp?

    BalasHapus
  122. maaf kak, mau tanya dulu nih? tahun depan UGM kira-kira buka jurusan pendidikan ngga ya?? soalnya saya dengar UGM ngga buka jurusan pendidikan buat tahun ini... makasih ya kak atas perhatiannya. :)

    BalasHapus
  123. Assalamu'alaikum. Terimakasih atas infnya. Saya widya mahasiswa poltekkes kemenkes semarang. Saya berminat melanjutkan studi ke S1, kira2 tahun 2013 ini UGM mengadakan program alih jenjang untuk fak.kesehatan tidak? Kalo ada kira2 persyaratannya bagaimana ya min? Saya cari2 info dari pihak UGM sndiri kurang jelas. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  124. Asslkm kak, di Ujian Mandiri, kami disyaratkan membawa surat kesanggupan bayar bermaterai, itu untuk apa ya kak. Apakah ada beda pembiayaan antara cama yg lulus dr sbmptn dan um mandiri kak?

    BalasHapus
  125. salam kenal. kak ada gak jurusan Agrobisnis di UGM ini?
    atau kakak punya informasi universitas negeri mana yang menyediakan jurusan Agrobisnis di yogyakarta.
    mohon bantuannya ya kak.
    kalau ada senior yang tau tolong informasinya ya kak.
    no.HP 083190806699

    sebelumnya saya sangat berterimakasih atas bantuan senior semua.

    BalasHapus
  126. kakak, mau nanya nih ..
    biasa nya setiap tahun ada penambahan jurusan gak ?

    BalasHapus
  127. maaf saya ingin bertanya karena saya masih kelas 1 sma. Dulu waktu semester 1 nilai mtk 79 biologi 80 kimia 79 fisika 75 dan di semester 2 ini nilai biologi 82, fisika 81, kimia 80, terus mtk 78. Yang saya tanyakan bagaimana jika saya ingin masuk ipa tapi di semester 2 nilai mtk saya turun, apa bisa masuk ugm? Kalo saya dengar, katanya kalo ingin masuk jalur undangan grafik nilainya harus naik

    BalasHapus
  128. maaf saya ingin bertanya karena saya masih kelas 1 sma. Dulu waktu semester 1 nilai matematika 79, biologi 80, kimia 79, fisika 75 dan di semester 2 ini nilai biologi 82, fisika 81, kimia 80, matematika 78. Yang saya tanyakan bagaimana jika saya ingin masuk ipa dan jalur undangan tapi di semester 2 nilai matematika saya turun jadi 78, apa bisa masuk ugm? Kalo saya dengar, katanya kalo ingin masuk jalur undangan grafiknya nilainya harus naik terus. Sekian, terima kasih

    BalasHapus
  129. maaf saya ingin bertanya karena saya masih kelas 1 sma. Dulu waktu semester 1 nilai matematika 79, biologi 80, kimia 79, fisika 75 dan di semester 2 ini nilai biologi 82, fisika 81, kimia 80, matematika 78. Yang saya tanyakan bagaimana jika saya ingin masuk jalur undangan tapi di semester 2 nilai matematika saya turun jadi 78, apa bisa masuk ugm? Kalo saya dengar, katanya kalo ingin masuk jalur undangan grafiknya nilainya harus naik terus. Sekian, terima kasih

    BalasHapus
  130. kakak... tolong infonya untuk jurusan sastra indonesia.
    persaingannya ketat atau bagaimana ?
    jadi apa sertifikat-sertifikat tingkat propinsi saya tidak berguna ?

    BalasHapus