Selamat Datang di Website Resmi KMPP-UGM

Informasi Seputar Ke-UGM-an dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Gadjah Mada. Langsung dari kami, KMPP-UGM.

Selamat Datang di Website Resmi KMPP-UGM

Informasi Seputar Ke-UGM-an dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Gadjah Mada. Langsung dari kami, KMPP-UGM.

Selamat Datang di Website Resmi KMPP-UGM

Informasi Seputar Ke-UGM-an dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Gadjah Mada. Langsung dari kami, KMPP-UGM.

Selamat Datang di Website Resmi KMPP-UGM

Informasi Seputar Ke-UGM-an dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Gadjah Mada. Langsung dari kami, KMPP-UGM.

Selamat Datang di Website Resmi KMPP-UGM

Informasi Seputar Ke-UGM-an dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 Universitas Gadjah Mada. Langsung dari kami, KMPP-UGM.

Jumat, 14 Februari 2014

Admin : Website Online Announcement

 

Haloha semua adek-adek yang makin hari makin gemesin aja, lama tak bertegur celoteh. Sebelum kita mau ngasih tau sesuatu, ada beberapa hal yang mau kita omongin nih. Yang paling pertama tentu saja kita mau minta maaf kali ya, karena di posting kita yang sebelumnya kita bilang kalo mau vakum selama beberapa bulan, eh ternyata kita gak sengaja boong ya sama kalian, sampe lewat tahun baru masih juga gak ada kabar. 

Tapi tenang aja, itu bukan berarti kita udah lupa sama kalian, buktinya hari ini kita kembali lagi memberikan sejuta pencerahan atas kegundahan sanubari kalian, yang udah pada kelas tiga SMA, yang itu juga berarti bentar lagi kalian jalanin LDR bakalan kuliah. Seneng dong pastinya, tapi nanti kalo kangen pacarku gimana kak? mau kuliah dimana ya kak? Nah itulah kenapa kita ada disini, buat bantu kalian nih calon-calon mahasiswa baru *ecie* milih mau kuliah dimana, ambil jurusan apa, kos/kontrak dimana, warteg paling murah dimana, laundry paling wangi dimana, tempat nongkrong paling rame dimana, dll. 

Terus yang kedua kita mau ngucapin banyak banget ucapan yang kita lewatkan semenjak kita vakum, huh jadi bolak balik kalender nih kayaknya. Okedeh yang penting-penting aja kalo gitu, selamat lebaran taun kemaren ya, maaf telat, terus juga selamat natal, bagi yang merayakan, selamat tahun baru masehi 2014, selamat tahun baru china, gong xi fa cai, wih tahun kuda ya? karena susu kuda itu konon bisa bikin stamina kalian jadi kayak kuda, mestinya nanti yang mau pada UN sama SBMPTN semangatnya waktu ngerjain bisa lebih kayak kuda dong ya? asik. 

Oh iya kelupaan juga nih, buat sejoli atau dua joli, atau banyak joli, yang lagi anget-angetnya sama doi, selamat hari kasih sayang ya, oh iya ini kan valentine terakhir kalian sebelum LDR udah beli coklat belum? bingung beli apa? coba deh magnum infinity yang katanya coklatnya gak habis habis, udah dikeletuk eh masih utuh, asik. 

Terus buat kamu yang lagi gak bisa beliin apa-apa buat siapa-siapa, jangan sedih ya, kita ngerti kok kamu kasihan banget, makanya cari pacar sana, pelarian kamu selama ini, flappy bird, udah kiamat. Gak usah pura-pura mainan hape, kita tahu kok inbox kamu gak ada isinya, sms yang paling baru kan ucapan met ultah dari mama tahun kemaren itu. Hmm, gak usah nunggu notif FB juga, kita tahu kok notif FB kamu itu isinya cuma temen alay kamu yang pede banget ngeklik link abal-abal terus jadi ngetag'in random kamu sama temen2nya di foto "cara mengetahui password teman". Jangan galau, kuliah dulu sana, terus kerja yang bener, beli mobil sendiri, berangkatin haji orang tua kamu bareng calon mertua kamu, biar jadi calon menantu idaman banget.

Yaudah gitu aja sih kayaknya, oh iya buat temen-temen yang kemaren ikut tryout masuk UGM, SYGMA 2014, maaf banget ini kita telat ngasih hasilnya yang versi digital, nah ini kita sertain kunci jawabannya juga. silahkan download disini.

Dan akhirnya dengan ini kita mau bilang kalo mulai hari ini hingga kedepan, web ini akan kembali online lagi dan aktif secara intensif untuk menemani masa-masa sulit kalian. Dalam satu minggu kedepan, akan muncul update tentang daftar fakultas dan jurusan di UGM tahun 2014 beserta daya tampungnya, sama informasi SNMPTN Undangan, SBMPTN Ujian Tertulis, dan jalur Ujian Mandiri, termasuk jalur PBU dan Utul mandiri. Demikian.




Salam sayang dan kecup manja dari kita,




 

Senin, 17 Juni 2013

Vacuum Announcement & Backup Contact Person (~July 2013)

 


Sebelumnya mari kita terangkan dulu maksud judul ini. Jadi begini, merespon dengan ditentukannya jadwal kampus untuk ujian akhir semester selama 2-3 minggu terhitung sejak tgl 17 Juni 2013, atau tanggal lainnya di fakultas yang berbeda, maka saya selaku administrator website ini, dan segenap keluarga KMPP-UGM meminta maaf atas ketidak-dapat-hadirannya di website ini untuk memberikan feedback kepada visitor karena tuntutan personal yakni tugas akhir dan persiapan ujian. Jadi kita lagi gak bisa buka-buka website ini dulu, karena sibuk buat pertaruhan nilai akhir semester, jadi gak bakalan ada yang jawab pertanyaan kalian lagi disini. Ini yang kita sebut "vacuum announcement". Kemudian mengenai sampai kapan seperti ini, selambat-lambatnya kita akan kembali aktif pada 1 Juli 2013, demikian semoga dapat dimengerti dan dimaklumi secukupnya.

Oiya, terus tentang gambar di atas itu, sebenernya itu sama sekali gak ada hubungannya dengan isi posting ini, ya itu adalah gambar vacuum cleaner. Ada dua alasan kenapa kita pasang gambar itu, yang pertama adalah karena kita gak punya gambar lain yang bisa merepresentasikan istilah 'vacuum' yang kita pake ini. Ide yang kita punya udah buntu untuk memikirkan ilustrasi, jadi kita pasang gambar itu. Alasan kedua adalah karena pada awalnya sih kita niatnya mau ngelucu ya (tapi jatuhnya gak lucu, ya kan?) yaudah deh, gak ada salahnya juga kan kalo kita tetep naro gambar itu, biar greget. Lagian daripada gak ada gambarnya, oke?

Lalu penjelasan mengenai "backup contact person", begini. Jadi karena halangan yang tidak dapat ditoleransi tersebut, kita tentu khawatir akan keadaan mendungnya hati dan situasi yang sedang kalian hadapi saat ini, nah oleh sebab itu, kita akan mengirim CS pengganti lah istilahnya begitu, beliau yang sangat beruntung ini (atau justru sial?) adalah mantan ketua umum KMPP-UGM pada periode 2011-2012 lalu. Jadi selama masa vacuum yang diumumkan itu, kakak inilah yang nantinya akan menjadi malaikat buat kalian. Silahkan jangan sungkan bertanya ya. Langsung kenalan aja yuk sama masnya. Di bawah ini adalah kalimat perkenalan singkat dari yang bersangkutan.

Perkenalkan, saya adalah mantan Ketua KMPP-UGM, insyaAllah saya di sini akan membuka sesi pertanyaan seputar SNMPTN, SBMPTN, UM-UGM tahun 2013. Silahkan menghubungi CP saya di 085-675-98785 (Heru Fisika Teknik 2010) atau bisa lewat Facebook (www.facebook.com/aynher), atau bisa juga di twitter saya (twitter.com/h3rucutu). InsyaAllah saya akan membantu teman-teman pengurus KMPP-UGM yang sekarang dengan membuka forum ini. Silahkan langsung saja SMS atau message FB atau mention di twitter saya untuk menanyakan informasi seputar penerimaan calon mahasiswa UGM tahun 2013. Kalau saya tidak bisa menjawab, saya akan sesegera mungkin untuk bertanya ke Direktorat Administrasi dan Akademik.
 
Berikut ada sedikit informasi yang saya kumpulkan dari akun twitter UGM, mengenai Informasi Prosedur Registrasi dan Pembayaran Calon Mahasiswa UGM 2013 Jalur SNMPTN 2013. Silahkan mengunduh di sini. Saya berharap teman-teman pengurus KMPP-UGM bisa membantu saya untuk melayani adik-adik dari Pati yang berniat masuk ke UGM. Salam Hangat dari alumni pengurus KMPP-UGM 2011-2012, "Dari Gadjah Mada untuk Pati Tercinta". Terima Kasih.

Nah jadi demikian, sebelum menutup postingan ini, bersamaan juga dengan ini, kita dari keluarga KMPP-UGM ingin meminta doa dan dukungan penuh dari adik-adik disini, dalam menghadapi badai ujian akhir semester yang begitu cetar ini. Dan kitapun dengan senang hati akan mengirim balik doa dan dukungan agar masing-masing dari kalian dapat diterima di jurusan yang paling dicita-citakan. Semoga tidak ada satupun dari kalian yang sudah dengan bermurah hati mendoakan kita, nantinya mendapati ketidak-cocokan antara kenyataan dengan apa yang amat sangat diharapkan. Akhir kata terima kasih, dan jangan lupa doa bersamanya. Demikian.



Salam sayang dari KMPP-UGM,


Senin, 20 Mei 2013

Daftar Fakultas dan Jurusan di UGM tahun 2013


Berikut ini adalah daftar semua 18 fakultas dan keseluruhan 68 jurusan yang ditawarkan bagi para calon mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada tahun 2013.


Nama Fakultas Jurusan Ditawarkan Daya Tampung Syarat
Fakultas BiologiIlmu Biologi2201,5
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Akuntansi 150 1,2,3
Ilmu Ekonomi 100 1,2,3
Manajemen 120 1,2,3
Fakultas Farmasi Farmasi 240 5
Fakultas Filsafat Ilmu Filsafat 150 2,3,4
Fakultas Geografi Geografi dan Ilmu lingkungan 100 1,5
Kartografi dan Penginderaan Jauh 70 1,5
Pembangunan Wilayah 70 1,2,3
Fakultas Hukum Ilmu Hukum 350 3
Fakultas Ilmu Budaya Antropologi Budaya 39 0
Arkeologi 33 1,5
Bahasa Korea 31 2,3
Ilmu Sejarah 32 0
Pariwisata 50 0
Sastra Arab 26 2,3
Sastra Indonesia 38 0
Sastra Inggris 48 2,3
Sastra Jepang 23 2,3
Sastra Nusantara 20 0
Sastra Perancis 23 2,3
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Manajemen dan Kebijakan Publik (Ilmu Administrasi Negara) 75 0
Ilmu Hubungan Internasional 80 0
Ilmu Komunikasi 140 1,2,3,4,5
Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (Sosiatri) 76 0
Politik dan Pemerintahan (Ilmu Pemerintahan) 75 0
Sosiologi 75 0
Fakultas Kedokteran Umum Gizi Kesehatan 80 1,2,3,4,5
Ilmu Keperawatan 110 1,2,3,4,5
Pendidikan Dokter 230 1,2,3,4,5
Fakultas Kedokteran Gigi Ilmu Keperawatan Gigi 75 1,2,3,4,5
Pendidikan Dokter Gigi 152 1,2,3,4,5
Fakultas Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan 180 1,2,3,4,5
Fakultas Kehutanan Ilmu Kehutanan 250 1,2,3,4,5
Fakultas Matematika dan IPA Elektronika dan Instrumentasi 90 1
Fisika 85 1
Geofisika 75 1
Ilmu Komputer 90 1
Kimia 180 1,5
Matematika 70 1
Statistika 70 1
Fakultas Pertanian Agronomi 40 1,2,3,4,5
Budidaya Perikanan 50 1,2,3,4,5
Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan 50 1,2,3,4,5
Ilmu Tanah 40 1,2,3,4,5
Manajemen Sumber Daya Perikanan 50 1,2,3,4,5
Mikrobiologi Pertanian 30 1,2,3,4,5
Pemuliaan Tanaman 30 1,2,3,4,5
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 30 1,2,3,4
Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) 80 1,2,3,4
Teknologi Hasil Perikanan 45 1,2,3,4,5
Fakultas Peternakan Ilmu dan Industri Peternakan 240 2,3
Fakultas Psikologi Psikologi 200 1,3,5
Fakultas Teknik Arsitektur 80 1,2,3,5
Fisika Teknik 110 1,2,3,4
Perencanaan Wilayah dan Kota 70 1,2,3,5
Teknik Elektro 120 1,2,3,4
Teknik Geodesi 90 1,2,3,4,5
Teknik Geologi 120 1,2,3,4,5
Teknik Industri 140 1,2,3,4,5
Teknik Kimia 140 1,2,3,4,5
Teknik Mesin 140 1,2,3,4,5
Teknik Nuklir 45 1,2,3,4
Teknik Sipil 150 1,2,3,4,5
Teknologi Informasi 65 1,2,3,4
Fakultas Teknologi Pertanian Teknik Pertanian 100 1,2,3,4,5
Teknologi Industri Pertanian 100 1,2,3,4,5
Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian1001,2,3,4,5
Keterangan Label "Syarat" ::

(0) tidak ada persyaratan;
(1) tidak boleh tuna netra;
(2) tidak boleh tuna rungu;
(3) tidak boleh tuna wicara;
(4) tidak boleh tuna daksa;
(5) tidak boleh buta warna keseluruhan, sementara buta warna sebagian (parsial) diperbolehkan;



Pesen dari kami, kakak KMPP-UGM adalah agar adek-adek calon mahasiswa baru UGM bisa mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan yang nantinya akan menjadi masa depan kalian semua. Pertimbangkan antara daya tampung, capaian nilai (untuk jalur snmptn undangan), kemampuan masing-masing (untuk jalur sbmptn dan UM), prospek kerja di masa mendatang, cita-cita yang dimimpiin terus, dan gak lupa pertimbangkan juga passion atau minat kalian di jurusan itu. Pikirkan semua itu bener-bener.

Tidak sedikit dari kakak-kakak kelas kalian yang akhirnya nyesel sama pilihan jurusannya karena satu dua alesan. Yang paling umum tentu kita bakalan ngerasa amat kecewa kalo pas pengumuman penerimaan, kita dinyatakan gak ketrima karena nilai yang kurang memenuhi atau lebih nyesek lagi kalau kehabisan daya tampung.

Tapi selain yang gak ketrima, ada juga yang nyesel pas udah dua tiga taun kuliah. Jadi dia diterima di jurusan yang dia mau, tapi ternyata setelah dipikir ulang, itu pilihan jurusan yang salah, dia sama sekali tidak memiliki passion dalam jurusan itu, dia SALAH JURUSAN, dan akhirnya IPK yang keluar juga pas-pasan.

Kuliah itu, percaya deh, beda banget sama SMA. Dimana ketika sekolah dulu kita bisa aja kepaksa ngerjain tugas, atau kadang ogah-ogahan dalam mata pelajaran tertentu karena kita gak suka aja sama gurunya pelajarannya. Kalo kuliah itu kalian harus wajib suka sama mata kuliahnya. Gak ada istilah "aku gak suka ini, aku sukanya sama yang itu." Semua harus suka, semua harus passion, gak ada penyesalan datang di akhir, salah siapa milih jurusan itu. Tolong ya, jangan pilih jurusan karena dosennya cakep level prestisnya. Pilihlah yang paling sesuai dengan semua poin tadi, yakni daya tampung, capaian nilai, kemampuan, prospek kerja, cita-cita, dan passion yang paling penting.


Salam sukses dari kami,         

 

Jumat, 17 Mei 2013

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Diploma/SV (D3) UGM 2013 | Update (17 Mei 2013)

Jalur Seleksi Masuk UGM


  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
  • PBUTM merupakan bentuk kepedulian Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta diusulkan oleh sekolah maksimal dua peserta tiap sekolah. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

  • Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
  • Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik unggul yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel. Pola ini juga ditujukan untuk daerah T3 (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
     
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
  • PBUB ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai dengan prestasi bidang ipteks (ilmu pengetahuan teknologi, dan seni) Peserta diusulkan oleh sekolah dengan jumlah maksimal dua peserta tiap sekolah dengan pilihan program studi sesuai bidang prestasinya. Peserta seleksi ini dibebaskan dari biaya SPP selama enam semester.
     
  • Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan (PBUSMAK)
  • PBUSMAK merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA, MA, dan SMK untuk memasuki Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melalui program seleksi administrasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.
     
  • Ujian Tertulis (UTUL)
  • UTUL diadakan untuk seleksi calon mahasiswa baru Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang berkualitas dengan kemampuan akademik disertai penguasaan bidang keahlian yang unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Materi seleksi meliputi Tes Potensi, Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam / Ilmu Pengetahuan Sosial (sesuai program studi yang dipilih).

Persyaratan Peserta

1. Penelusuran Bibit Unggul (PBU)

Syarat Umum Semua Jalur PBU

  • Pada tahun ajaran 2012/2013 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/SMK
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
Syarat Khusus Masing-masing Jalur PBU
 

  • Peserta PBUTM
  • Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data :
    1. Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan pejabat desa.
    2. Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh camat bagi non karyawan, oleh Bendahara Gaji Pegawai bagi karyawan institusi).
  • Peserta PBUK
  • Peserta diusulkan oleh mitra yang telah melakukan MoU dengan UGM, dibuktikan dengan melampirkan naskah MoU dan pernyataan kesanggupan menanggung biaya pendidikan sampai dengan selesai. Serta mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
     
  • Peserta PBUB
  • Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut memiliki kemampuan menyelesaikan pendidikan. Mempunyai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih.
     
  • Peserta PBUSMAK
  • Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat tekun dan berhasil dalam menyelesaikan pendidikan di Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
2. Ujian Tertulis (UTUL)
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2011 s.d. 2013
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.


Prosedur Pendaftaran


  • Peserta PBUTM
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.10.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUTM dan dimasukkan ke stofmap warna hijau dengan menuliskan "PBUTM/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUK
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Wakil Pemerintah Daerah/Wakil Perusahaan mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUPD dan dimasukkan ke stofmap warna merah dengan menuliskan "PBUK/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUB
    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUB dan dimasukkan ke stofmap warna kuning dengan menuliskan "PBUB/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Peserta PBUSMAK
    Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 melalui system multi-payment Bank BRI atau BTN. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUSMAK dan dimasukkan ke stofmap warna biru dengan menuliskan "PBUSMAK/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 11 Februari s.d. 3 Mei 2013 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 -15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
     
  • Peserta Ujian Tertulis (UTUL)
    *) Prosedur pendaftaran akan ditentukan kemudian.

Jadwal Pendaftaran Program Diploma Sekolah Vokasi UGM


Jalur SeleksiPembayaran  Pendaftaran VerifikasiTes TertulisPengumuman
PBUTM 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUK 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUB 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
PBUSMAK 11 Feb - 2 Mei 11 Feb - 3 Mei - - 17 Mei
Ujian Tulis Gelombang I *) *) *) *) *)
Ujian Tulis Gelombang II *) *) *) *) *)

Keterangan :: 
(-) Tidak ada agenda kegiatan bersangkutan 
 *) Agenda kegiatan akan ditentukan kemudian

Demikianlah yang tertulis di halaman um.ugm.ac.id


UPDATE (17 Mei 2013) : Pengumuman Penerimaan

Terkait pengumuman penerimaan yang sebelumnya telah diinformasikan akan dipublikasikan mulai tanggal 17 Mei 2013, informasi terbaru yang didapat adalah pengumuman itu dapat diakses di halaman resmi PMB UGM 2013, dengan login terlebih dahulu dan mendapat keterangan secara personal apakah yang bersangkutan dinyatakan diterima atau tidak. Jadi tidak ada daftar atau list mengenai siapa saja yang diterima, melainkan per calon mahasiswa harus login, dan mendapat keterangan hanya tentang namanya saja, apakah dia diterima atau tidak diterima. Begitu.

Yang dibutuhkan untuk mengisi login dan mengakses pengumuman penerimaan adalah Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir dengan format (ddmmyyyy). Contoh misalnya tanggal 1 Januari 1990, maka ditulis 01011990 tanpa - atau /. Begitu.

Hasil seleksi hanya dapat diakses mulai pukul 17.00 WIB sore ini.

Pengumuman penerimaan dapat dilihat di halaman ini
Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Demikian semoga memberikan cukup informasi. 



Diposkan kembali oleh,          

  

Rabu, 15 Mei 2013

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Sarjana (S1) UGM 2013

 

Jalur Seleksi Masuk UGM

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pemerintah membiayai biaya pendaftaran pola penerimaan ini.

  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    SBMPTN merupakan pola penerimaan yang didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional. Biaya pendaftaran dibebankan pada pendaftar.
     
  3. Seleksi Mandiri
    Pola Penerimaan ini terdiri atas :
    1. Penelusuran Bibit Unggul
      1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa tidak mampu secara ekonomi yang memiliki prestasi akademik unggul.
      2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat internasional maupun pemenang tingkat nasional.
      3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa pemenang atau finalis kejuaraan di bidang olahraga atau seni tingkat internasional maupun pemenang di tingkat provinsi atau nasional
      4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
        Pola penerimaan ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik unggul yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel. Pola ini juga ditujukan untuk daerah T3 (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
    2. Ujian Tertulis
      Pola penerimaan ini didasarkan pada hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh UGM.

Persyaratan Peserta

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SNMPTN.
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SBMPTN.
  3. Seleksi Mandiri
    Pola Penerimaan ini terdiri atas :
    1. Penelusuran Bibit Unggul
      Persyaratan Umum :
      1. Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2013/2014, atau lulusan SMA luar negeri tahun 2012/2013.
      2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 5.
      3. Peserta termasuk 40%  terbaik di kelasnya pada semester 1-6, atau 75% terbaik pada semester 1-5 bagi siswa kelas akselerasi.
      4. Peserta PBUTM, PBUB, PBOS, dan PBUK diusulkan oleh sekolah. Peserta PBUK diusulkan oleh pihak penyandang dana.
      5. Memenuhi persyaratan kesehatan dan fisik tertentu tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
    2. Persyaratan Khusus :
      1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
        Peserta berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi yang didukung dengan data:
        1. Fotokopi Kartu Keluarga (C1) yang disahkan oleh RT, RW, dan Kelurahan,
        2. Keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Camat bagi non karyawan atau oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi.
      2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
        1. Peserta merupakan pemenang lomba bidang studi tingkat nasional (termasuk lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM, khusus untuk masuk ke fakultas yang bersangkutan),
        2. Peserta merupakan pemenang atau finalis lomba bidang studi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh LIPI, DIKNAS, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO.
      3. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
        1. Peserta adalah juara I KEJURDA atau PORDA tingkat Provinsi;
        2. Peserta adalah juara I POPSINAS;
        3. Peserta adalah juara I-III KEJURNAS/PON
        4. Peserta adalah juara I-V kejuaraan internasional
        5. Peserta adalah juara I-III kesenian tingkat nasional.
      4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
        Peserta diusulkan oleh mitra yang telah melakukan MoU dengan UGM, dibuktikan dengan melampirkan naskah MoU dan pernyataan kesanggupan menanggung biaya pendidikan sampai dengan selesai.
    3. Ujian Tertulis
      1. Lulusan SMA/SMK/MA dalam dan/atau luar negeri tahun 2013, 2012 dan 2011, serta lulusan ujian persamaan atau yang setara lainya tahun 2013 dan 2012.
      2. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    Prosedur pendaftaran melalui laman http://snmptn.ac.id/.
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Prosedur pendaftaran melalui laman http://sbmptn.or.id/.
  3. Seleksi Mandiri
    Prosedur pendaftaran ditentukan kemudian.
*) Begitu yang tertulis di halaman um3.ugm.ac.id


Diposkan kembali oleh,